Atap Pabrik dan Rumah Hancur Digulung Puting Beliung di Garut

GARUT – Angin puting beliung kembali mengamuk, hempasan udara kuat yang menggulung menghancurkan rumah warga juga beberapa pabrik di Garut pada Sabtu (2/4) siang.

Beberapa Gudang pabrik dan Rumah di sekitar Jl. Sudirman Kelurahan Kota Wetan mengalami kerusakan parah, Kejadian tersebut hanya berlangsung singkat, tepatnya sekitar pukul 13.30 WIB.

Keruskaan sebagiaan besar terjadi pada atap – atap di tempat tersebut, karena terbawa oleh gulungan angin puting beliung ini.

Menurut saksi mata yang melihat kejadian, Angin Puting Beliung ini terjadi sebelum turunnya hujan, yang tidak berselang lama setelah puting beliung itu muncul.

Aliran listrik di sekitar kejadian tersebut padam, karena terkena material – material yang terbawa oleh angin ini.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut Satria Budi mengatakan belum menghitung kerugian dari kejadian ini.

“Kalau kerugian ada, Cuma belum dihitung. Karena, pertama kejadian ada di 2 pabrik yang di copong, yang satu gudang, yang satu pabrik, PT. Danbi lah ya,” kata Budi.

Dia berkata, kejadian ini terjadi karena intensitas hujan dan angin yang cukup tinggi.

Tak hanya gudang dan pabrik saja, beberapa rumah pun mengalami kerusakan dalam kejadian ini. Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

Dia pun menghimbau kepada masyarakat di seluruh Kabupaten Garut agar tetap waspada, karena hidrometeologi ini akan berakhir pada akhir bulan april menurut laporan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

“Intensitas hujan yang cukup tinggi, angin cukup kencang, diharapkan masyarakat selalu waspada lah ya,” katanya

“Bilamana ada pohon – pohon yang akan mengakibatkan lah terjadi yang tidak diharapkan, koordinasi dengan dinas LH (Lingkungan Hidup) untuk dipangkas,” katanya.(rgje/rit)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan