Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa Ramadan, Konsumsi 7 Makanan dan Minuman Ini

Cegah Dehidrasi Saat Berpuasa Ramadan – Bulan Ramadan tiba, umat islam di seluruh dunia diwajibkan untuk menahan lapar, dahaga, dan hawa nafsu dari matahari terbit hingga matahari terbenam.

Lamanya waktu tidak diperbolehkan makan dan minum ini membuat kita harus lebih pintar dalam mengatur asupan yang masuk ke dalam tubuh. Pasalnya, jika kita tidak mengaturnya dengan baik, ada kemungkinan mengalami dehidrasi selama menjalankan ibadah berpuasa Ramadan. Dehidrasi sendiri telah diketahui memiliki banyak dampak buruk untuk kesehatan.

Agar terhindar dari kemungkinan buruk tersebut, salah satu cara termudah adalah mengonsumsi makanan maupun minuman yang kaya kandungan air. Dilansir dari Times of India, berikut beberapa makanan dengan banyak kandungan air yang bisa kalian konsumi saat sahur dan buka di bulan puasa.

  1. Mentimun

Buah berwarna hijau ini 95 persen terbuat dari air. Selain itu, ini juga mengandung vitamin dan mineral esensial yang akan membuat kita tetap berenergi selama berpuasa.

  1. Semangka

Buah lain yang juga bisa kalian konsumsi untuk mengatasi kekurangan cairan setelah berpuasa seharian adalah semangka. Buah berwarna merah ini mengandung sekitar 92 persen air dan sangat rendah kalori. Selain membuat tubuh tetap terhidrasi, semangka juga baik untuk kesehatan jantung dan mengurangi peradangan.

  1. Air kelapa

Minuman ringan berwarna bening ini memiliki kandungan air sebanyak 94 persen. Tidak hanya membuat kita terhidrasi, minuman ini juga bisa membantu mencegah batu ginjal.

  1. Makanan kurang asin

Asupan garam yang berlebihan menyebabkan berkeringat dan selanjutnya menimbulkan dehidrasi. Jadi untuk menjaga tubuh memiliki kandungan air yang cukup, disarankan untuk menghindari asupan garam berlebih selama Ramadhan.

Selain itu, sebenarnya tubuh kita membutuhkan sedikit garam setiap hari. Ini bisa diperolehs ecara alami dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Jadi, hindari makanan asin yang digoreng ya.

  1. Jus segar

Tidak hanya buah segar, jus juga baik dikonsumsi untuk menjaga tubuh terhidrasi selama Ramadhan. Jus ini mengandung kadar air yang bagus untuk memberi energi instan agar tetap aktif. Kalian bisa minum jus segar apa saja, mulai dari jeruk, hingga apel.

Tinggalkan Balasan