Jalankan Perpres, Desa Nanjungmekar Manfaatkan Potensi Pertanian dan Peternakan

RANCAEKEK – Desa Nanjungmekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung manfaatkan potensi tani dan ternak.

Pemanfaatan itu dirancang supaya bisa meningkatkan pemberdayaan warga sekaligus mendorong perekonomian desa dan masyarakat.

Sekretaris Desa Nanjungmekar, Meti Selawati mengatakan, pemberdayaan serta meningkatkan ekonomi itu, diupayakan dari Peraturan Presiden Nomor 104 Tahun 2021.

“Karena Dana Desa dari Perpres kemarin, diinstruksikan 20 persen untuk ketahanan pangan dan binatang,” kata Meti kepada Jabar Ekspres, Senin (21/3).

Dia menerangkan, pengalokasian 20 persen dari Dana Desa itu merupakan bentuk transparansi dari Perpres Nomor 104 Tahun 2021.

Diketahui, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 104 Tahun 2021 itu memuat tentang rincian anggaran pendapatan dan belanja negara dengan tahun anggaran 2022.

Dalam penerapannya, Meti menjelaskan, Pemerintahan Desa Nanjungmekar akan mengalokasikan dana untuk potensi pertanian dan peternakan.

“Rencananya karena 20 persen itu untuk ketahanan pangan, kita akan alokasikan ke pertanian,” ujar Meti.

“Kalau untuk binatang, kita alokasikan ke ternak lele. Jadi nanti keuntungannya dibagi hasil melalui BUMDes (Badan Usaha Milik Desa),” tambahnya.

Meti memaparkan, potensi tani Desa Nanjungmekar masih terkendala di akses jalan.

Karenanya guna bantu petani lebih produktif, selain infrastruktur, petani akan diberi dorongan dalam merawat lahan.

“Ketersediaan air dan hal-hal teknis akan diupayakan untuk jangka panjang, supaya selain meningkatkan hasil panen juga bisa tingkatkan ekonimi dan pangan,” imbuhnya.

Sementara itu, Meti mengucapkan, dalam pengalokasian dana 20 persen salah satunya disalurkan untuk peternakan ikan lele.

“Kalau di ternak, rencananya akan bekerjasama dari BUMDes dengan peternak ikan lele, jadi nanti sistem bagi hasil,” tutur Meti.

“Peternak yang urus lelenya, kita siapkan bibit dan pakannya. Nanti setelah penjualan dibagi hasil. Semoga bisa berkembang dan berkepanjangan, selain diharapkan bisa tingkatkan pemberdayaan semoga ekonimi juga bisa meningkat,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan