Sungai Citarik Meluap, Desa Nanjung Mekar Direndam Banjir

BANDUNG – Akibat hujan deras yang mengguyur wilayah Rancaekek seharian, Desa Nanjung Mekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung dilanda banjir.

Melalui informasi yang dihimpun Jabar Ekspres, banjir yang melanda wilayah desa tersebut disebabkan karena volume air di sungai Citarik meluap hingga memasuki area pemukiman warga.

Saat dikonfirmasi, Sekretaris Desa (Sekdes) Nanjung Mekar, Meti Nurwati membenarkan  bahwa luapan air sungai Citarik  yang mengakibatkan banjir di pemukiman warga.

“Yang kena banjir di Jalan Raya Rancaekek-Cicalengka depan pom bensin Citarik,” kata Meti kepada Jabar Ekspres melalui pesan teks, Minggu (13/3).

Akibat banjir tersebut, akses jalan Rancaekek – Cicalengka jadi terhambat karena genangan air berpotensi membuat mesin kendaraan mati.

Dia menerangkan, luapan banjir dari sungai Citarik tersebut cukup meluas hingga menggenangi Kampung Patrol, RT01 RW01, Desa Nanjung Mekar, Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung.

Akibatnya, dijelaskan Meti, sementara ini akses jalan tidak bisa dilewati pengendara baik oleh kendaraan roda empat maupun roda dua.

“Di sana (RT01 RW01) ketinggian air sekitar 1 meter. Terus banjid juga di daerah Babakan, RT03 RW10 sekitar 10 sampai 70 centimeter,” pungkas Meti.

Dalam pemaparannya, Meti juga mengatakan, wilayah Kampung Babakan di RT02 RW06, sebanyak 10 Kepala Keluarga (KK) mengalami dampak luapan air dari sungai Citarik.

“Yang di RT02 RW06 ketinggiannya sekitar 25 centimeter, merendam 5 rumah warga,” tutup Meti. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan