Sakit Gigi Saat Udara Dingin?, Ini Cara Mengatasi Gigi Berlubang dengan Aman

JAKARTA – Musim hujan dengan suhu udara dingin mulai terasa beberapa waktu terakhir, hal ini membuat banyak orang dengan keluhan sakit gigi banyak yang kambuh.

Terutama untuk masalah gigi berlubang. Bila dimusim panas sakit gigi karena gisi berlubang bisa jadi jarang kambuh, namun bila musim dingin, maka praktek dokter gigi akan mulai dipenuhhi oleh pasien.

Gigi berlubang merupakan masalah kesehatan gigi yang sangat umum yang bisa terjadi pada siapa saja, bahkan bayi sekalipun.

Kondisi tersebut biasanya disebabkan oleh kombinasi beberapa faktor, seperti bakteri yang ada di mulut kamu, kebiasaan mengemil, minum-minuman manis, dan tidak membersihkan gigi dengan baik.

Pada awalnya, gigi berlubang tidak menyebabkan rasa sakit. Itulah mengapa sulit menyadari masalah gigi yang satu ini, kecuali bila kamu memeriksakan gigi secara teratur pada dokter gigi. Namun, bila gigi berlubang tidak diobati, lubangnya lama-kelamaan bisa semakin besar dan memengaruhi lapisan gigi yang lebih dalam.

Hal itu bisa menyebabkan sakit gigi yang parah, infeksi, sampai kehilangan gigi. Karena itu, penting untuk menjaga kesehatan gigi kamu dengan membersihkannya secara rutin dan mengunjungi dokter gigi secara berkala. Lantas, bagaimana bila kamu terlanjur mengalami gigi berlubang? Jangan coba mengatasinya sendiri, simak cara mengatasi gigi berlubang yang aman di sini.

Gigi berlubang biasanya perlu diatasi dengan bantuan dokter gigi. Perawatan yang bisa diberikan dokter gigi bisa berbeda-beda tergantung pada seberapa parah kondisi gigi kamu dan situasi khusus kamu.

Berikut adalah beberapa pilihan cara mengatasi gigi berlubang yang aman seperti dilansir dari laman halodoc, :

Perawatan dengan Menggunakan Fluoride

Bila lubang pada gigi kamu baru saja terbentuk atau masih kecil, perawatan dengan menggunakan fluoride bisa membantu memulihkan email gigi kamu, dan terkadang bisa mengembalikan gigi berlubang kamu pada tahap yang sangat awal. Dokter gigi biasanya bisa memberikan perawatan fluoride yang lebih banyak, daripada yang bisa kamu temukan dalam pasta gigi atau obat kumur.

Perawatan fluoride dilakukan dengan cara mengoleskan fluoride yang bisa dalam bentuk cairan, gel, busa, atau pernis ke gigi kamu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan