Penyebab Sakit Kepala Setelah Bangun Tidur dan Cara Mengatasinya

JAKARTA – Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan sakit kepala setelah bangun di pagi hari. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam The Archives of Internal Medicine mencatat 1 dari 13 orang mengalami sakit kepala setelah bangun tidur di pagi hari.

Hal tersebut dapat mempengaruhi kualitas tidur. Untuk itu, kita perlu memahami penyebab di balik sakit kepala di pagi hari. Berikut ini penjelasannya, seperti dikutip laman Healthshots.

1. Anda mungkin mengalami gangguan tidur

Sleep apnea dan insomnia adalah penyebab paling umum yang bisa menyebabkan sakit kepala setelah bangun tidur di pagi hari.

Pikiran kamu yang tidak merasa santai dan tidak bisa mencapai tingkat tidur nyenyak yang dibutuhkan oleh tubuh.

2. Anda sedang stres

Lingkungan sosial dan tingkat stres yang tinggi memainkan peran utama dalam menentukan kualitas tidur. Ketika seseorang stres atau cemas, seseorang akan mengalami gangguan tidur dan bangun dengan sakit kepala di pagi hari.

3. Anda mungkin berurusan dengan bruxism

Bruxism adalah istilah yang digunakan untuk menggemeretakkan gigi. Biasanya terjadi pada malam hari bagi kebanyakan orang.

Rahang bawah Anda terhubung ke tengkorak oleh sendi yang disebut temporomandibular. Saat Anda menggertakkan gigi, ketegangan yang tercipta pada sendi ini bisa memicu sakit kepala.

Selain sakit kepala di pagi hari, Anda mungkin juga merasakan sesak di rahang saat bangun tidur.

4. Otot Anda tegang

Rasa sakit yang menyertai otot yang tegang tidak akan membuat Anda tidur dengan nyenyak. Oleh karena itu, Anda perlu memastikan postur tubuh kamu benar, Anda memiliki jenis kasur dan bantal yang tepat, dan tubuh Anda tidak dalam posisi yang tidak nyaman.

Selalu ingat untuk dukung leher dan tulang belakang Anda dengan benar untuk menghindari masalah otot.

5. Ini bisa terjadi pada Anda sebagai gejala penarikan

Banyak orang mengalami sakit kepala di pagi hari ketika mereka cenderung menyerah pada kafein. Sebenarnya, kafein memengaruhi aliran darah ke otak Anda.

Oleh karena itu, naik turun secara tiba-tiba bisa menyebabkan sakit kepala di pagi hari. Hal yang sama bisa terjadi ketika Anda sedang dalam proses berhenti obat-obatan atau alkohol.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan