Bupati Sumedang Klaim Vaksinasi Dosis Pertama Hampir 90 Persen

SUMEDANG – Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama di wilayah Kabupaten Sumedang saat ini sudah mencapai 88 persen.

Hal itu diungkapkan oleh Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir. Dia menerangkan, untuk capaian vaksinasi dosis pertama di wilayahnya sudah mendekati 90 persen.

“Kita ingin cepat mencapai target 90 persen. Sumedang sendiri tinggal dua persen lagi untuk sampai 90 persen,” pungkas Dony, Senin (7/3).

Dony mengatakan, upaya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumedang untuk mempercepat vaksinasi dilakukan dengan berbagai cara salah satunya lakukan jemput warga oleh tenaga kesehatan puskesmas.

“Kita gunakan cara-cara yang kreatif untuk melindungi masyarakat dari Covid-19 varian Omicron,” kata Dony.

“Kita semua harus waspada dan berikhtiar dengan cara mengoptimalkan protokol kesehatan dan vaksinasi,” tambahnya.

Menurut Dony, kedua cara tersebut dinilai cukup efektif dalam mengantisipasi dan menghadapi ancaman virus Covid-19 temasuk varian Omicron.

“Selain memperketat protokol kesehatan, kecepatan vaksin harus lebih tinggi lagi supaya masyarakat terproteksi dari virus. Makanya, keduanya harus lebih maksimal,” imbuh Dony.

Dalam pemaparannya, Dony menuturkan, untuk menggapai capaian vaksinasi, terdapat berbagai kendala.

“Tentu bukan tidak kendala. diantaranya penyakit bawaan atau komorbid sehingga warga tidak bisa melaksanakan vaksinasi,” ucapnya.

“Untuk mencapai angka 90 persen ini sudah mulai susah mencarinya. Tapi kami akan berusaha mencari warga yang belum divaksin,” tambah Dony.

Dia menjelaskan, dari berbagai kendala itu, selain komorbid, ada hal yang lainnya sehingga warga sampai saat ini tidak bisa divaksin. (mg5)

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan