Forum GenRe Depok Diharapkan Jadi Garda Terdepan Sosialisasi Pencegahan Covid-19

DEPOK Forum Generasi Berencana (GenRe) Kota Depok diharapkan tampil di garda terdepan dalam sosialisasi tentang pencegahan Covid-19.

Hal tersebut diungkapkan, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Depok.

Kepala DP3AP2KB Kota Depok, Nessi Annisa Handari mengatakan, Forum GenRe merupakan salah satu forum yang dimotori oleh anak-anak muda Kota Depok yang memainkan peran cukup penting terutama dalam masalah sosialisasi atau kampanye kesehatan, sosial dan lingkungan.

Untuk itu, keberadaan mereka diharapkan dapat menjadi agen perubahan utamanya dalam mengajak masyarakat agar lebih peduli terhadap pentingnya pencegahan Covid-19.

Atas pertimbangan itu, Nessi mengaku akan melibatkan Forum GenRe dalam kegiatan sosial guna memberikan edukasi kepada masyarakat terkait pencegahan Covid-19.

“Untuk Kegiatan edukasi dilakukan secara online dan offline (hybrid),” kata Nessi, Selasa (22/2).

Menurut Nessi, para remaja yang tergabung dalam Forum GenRe dapat memanfaatkan media sosial (medsos) untuk memberikan edukasi tentang kesehatan.

“Forum ini harus dapat menjadi garda terdepan dalam membantu Pemkot Depok mensosialisasikan pencegahan Covid-19,” ucapnya.

Adapun gerakan sosialisasi tersebut, kata dia, dapat dilakukan dengan cara menyasar para remaja, minimal di wilayah masing-masing untuk taat protokol kesehatan (prokes) dan berprilaku hidup sehat.

“Remaja Depok harus sehat dan jadi agen perubahan prilaku di lingkungannya,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Forum GenRe Kota Depok, Ndaru Luriadi mengatakan, pihaknya akan membantu Pemkot Depok mengawasi masyarakat yang tidak taat terhadap prokes.

“Kami juga bakal membagikan masker gratis kepada masyarakat di masing-masing wilayah,” ujar dia.

Ia menuturkan bahwa peran media sosial belakangan menjadi sarana yang tepat untuk ajang sosialisasi. Hal ini juga, menurut dia, sangat relevan dengan gaya hidup remaja masa kini yang lebih banyak kesehariannya dihabiskan bersama medsos.

“Mungkin kami akan mencoba membuat konten yang menarik, mengingat kami punya peran besar di medsos untuk mengajak mereka cegah Covid-19 secara massif,” tandasnya. (mg2)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan