Jadi Polemik! Pengadaan Smartphone DPRD Kota Bandung Dibatalkan

BANDUNG – Rencana pengadaan Smartphone DPRD Kota Bandung menuai sorotan publik. Diketahui Sekretaris Dewan DPRD Kota Bandung mengalokasikan anggaran untuk pengadaan Smartphone untuk anggota dewan senilai Rp 1 miliar.

menanggapi hal tersebut, Ketua DPRD Kota Bandung Teddy Rusmawan mengatakan, bahwa pengadaan smartphone sudah diusulkan sejak 2021 lalu.

Menurutnya, smartphone tersebut untuk menunjang kinerja anggota DPRD selama masa pandemi Covid-19 seperti untuk keperluan rapat kerja yang dilakukan secara zoom atau virtual.

Kebutuhan smartphone tersebut untuk mengelola data dalam pembahasan Perda. Terlebih saat ini sudah ada  sembilan perda yang harus dibahas dan sisahkan.

“Jadi kita membutuhkan kecepatan untuk mengakses data, peningkatan kinerja era sekarang teknologi informasi di era digital,” Kata Teddy ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (21/2).

Disinggung terkait berkembangnya opini di masyarakat, pihaknya akhirnya memutuskan agar pengadaan Smarphone tersebut dibatalkan.

“Tentunya kami di DPRD mendengar, kami dapat masukan dari beberapa Fraksi, dan untuk keputusan terkait dengan pengadaan ponsel maka kami pimpinan DPRD mengintruksikan ke Setwan, karena teknis operasional itu di Setwan ini (Pengadaan smartphone) untuk dibatalkan,” tutur Politis Partai Keadilan Sejatera (PKS) itu.

“Kami ucapkan terima kasih atas berbagai masukan, yg perlu tentunya Insya allah kita komitmen untuk kepentingan masyarakat,” imbuhnya.

Ketika ditanya nantinya anggaran tersebut akan dialihkan kemana, Teddy menuturkan bahwa pihaknya akan melakukan pembahasan lebih lanjut lagi.

“Tentunya kita hasil konsul dan masukan pimpinan dewan juga dari fraksi kita batalkan. Kami mendengar masukan, tentunya kami keberetan walaupun Penganggaran itu sudah lama dari 2021, dan nanti kita akan bahas mau digunakan untuk apa (peralihan anggaran pengadaan smartphone),” tuturnya

Untuk diketahui, pengadaan smartphone tersebut tertuang di dalam halaman sirup.ikpp.go.id dengan kode RUP 31161257 dengan nama paket pengadaan Smartphone

Bahkan Dalam halaman tesebut juga, disebutkan bahwa total pagu atau anggaran yang disediakan sebesar Rp 1.085.648.300 atau  Rp 1 Milyar lebih.

Sementara itu, jika dirinci dengan total anggaran tersebut, seluruh anggota DPRD Kota Bandung dengan jumlah sebanyak 47 orang akan mendapatkan smartphone dengan harga sebesar Rp 23.085.106 per unitnya. (mg4).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan