Pasirnanjung Geulis, Objek Wisata Baru di Sumedang Ini Wajib Jadi Rekomendasi Wisatawan

SUMEDANG – Bangkitkan ekonomi lokal sekaligus tingkatkan pemberdayaan masyarakat, Desa Pasirnanjung, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang memiliki tempat wisata baru, Pasirnanjung Geulis (Cantik).

Pasirnanjung Geulis sebagai wisata berbasis alam tersebut diharapkan dapat menjadi daya tarik wisatawan untuk berkunjung dan menikmati suguhan asri alam Desa Pasirnanjung.

Tentunya, dengan kunjungan wisatawan, diharapkan bisa meningkatkan pemberdayaan sekaligus ekonomi warga Desa Pasirnanjung.

Hal itu diungkapkan oleh Sekretaris Desa (Sekdes) Pasirnanjung, Dani Supriadi. Menurutnya, inovasi wisata yang baru dibentuk merupakan sebagai pemanfaatan potensi desa.

“Kita punya lahan tanah cari desa yang cukup luas. Yang ini ada sekitar 9,3 hektare tanah luasnya,” kata Dani kepada Jabar Ekspres di lokasi wisata Pasirnanjung Geulis, Selasa (2/2).

“Ini juga memanfaatkan potensi desa, karena daripada dipakai lahan perkebunan yang kurang produktif, lebih baik kita gunakan jadi tempat wisata untuk tingkatkan ekonomi,” tambahnya.

Dani berujar, perencanaan dalam membentuk wisata desa tersebut sudah menjadi pembahasan sejak lama, namun baru sekarang dilakukan eksekusinya.

“Kalau rencana sudah pernah dari lama, tapi gak ada konsep mau seperti apa. Ini juga gak dikonsep terlalu jauh, karena yang penting ini terealisasi dan bisa dimanfaatkan,” imbuh Dani.

“Kita perangkat desa dibantu lembaga-lembaga masyarakat gotong royong bangun Pasirnanjung Geulis untuk tujuan bisa jadi nilai jual,” tambahnya.

Sementara itu, dari konsep yang dijelaskan Dani, wisata desa dengan nama Pasirnanjung Geulis masih akan dikembangkan.

“Sekarang baru setengah hektare yang digunakan, dari keseluruhan 9,3 hektare berarti masih ada sisa tanah cukup luas buat dikembangkan,” ucap Dani.

Dalam pemaparannya, Dani menuturkan, rencananya wisata Pasirnanjung Geulis akan dipasang flying fox hingga kolam renang dengan suguhan pemandangan dari pegunungan.

Diketahui, wilayah Desa Pasirnanjung merupakan daerah dengan dataran yang cukup tinggi, sehingga wisatawan yang berkunjung ke Pasirnanjung Geulis akan disuguhkan suasana alam yang asri memanjakan mata.

Melalui pantauan Jabar Ekspres di lokasi, dari lokasi wisata ini bisa terlihat hamparan luas pemandangan Kabupaten Bandung yang akan menjadi daya tarik utama, ditunjang suasana sejuk menambah sensasi alam yang bisa menenangkan pikiran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan