Hidangan Ini Wajib Ada Saat Perayaan Tahun Baru Imlek

4. Yee Sang

Perayaan Imlek akan semakin meriah kalau menyantap yee sang bersama keluarga. Yee sang atau yu sheng adalah salah satu makanan wajib dalam tradisi Imlek. Makanan ini bisa disebut sebagai salad karena terbuat dari sayuran dan ikan.

Yee sang disajikan dengan warna-warni yang cantik. Jumlah bahan yang digunakan 8-17 jenis, karena angka itu dianggap sebagai lambang keberuntungan dalam budaya China. Di dalamnya terdapat ikan mentah, biasanya menggunakan salmon atau tuna.

Untuk sayurannya ada irisan wortel, lobak, rumput laut, jeruk bali, hingga pangsit. Bumbunya meliputi saus plum, minyak, hingga biji wijen. Semua bahan ini memiliki makna keberuntungan, rezeki melimpah, dan lainnya.

5. Telur Pindang

Telur pindang atau telur daun teh juga jangan sampai terlewat saat merayakan Imlek. Makanan ini juga wajib ada dalam perayaan Imlek. Tentu saja karena telur pindang memiliki makna positif bagi mereka yang merayakannya.

Telur pindang ini adalah telur rebus biasa, namun saat perebusan telur ditambahkan daun teh. Selain itu biasanya juga ditambahkan kecap, adas, kayu manis, hingga kulit jeruk mandarin. Karenanya telur pindang memiliki cita rasa unik dengan motif khas dan warna kecokelatan.

Telur pindang memiliki makna yang dipercaya melambangkan kesuburan. Kuliner ini dipercaya dapat memberikan kesejahteraan bagi siapa saja yang menyantapnya. (fin/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan