Sulap Kotoran Sapi Jadi Biogas

SUMEDANG – Ketimbang pencemar lingkungan, lebih baik dioleh menjadi produk tambahan. Tak hanya dijadikan sebagai pupuk saja. Ternyata kotoran sapi pun bisa diolah menjadi bahan bakar gas (biogas). Ibarat pribahasa; rajin mengais, tembolok terisi.

WAJAHNYA nampak hampir keriput. Namun tak membuat patah semangat berikhtiar. Orangnya sederhana. Tapi haus akan ilmu dan kreatifitas. Baginya berkarya di masa tua bukan halangan. Sebab umur hanyalah angka.

Namanya Juju (62), tidak ada pepanjangnya. Meski pendek tapi mempunyai mimpi panjang. Yaitu mengembangkan biogas atau bahan bakar gas dari kotoran sapi. Supaya bisa bermanfaat untuk masyarakat banyak.

Juju asal warga RT 02/RW04 Desa Haugombong, Kabupaten Sumedang. Dia tinggal dirumah bilik bambu. Juju tinggal bersama keluarganya dan 13 sapi peliharaannya. Daerah tempat tinggalnya pun cukup strategis, diatas perbukitan yang didominasi peternak dan pertanian.

Pagi hari Juju sudah mulai bekerja. Berburu rumput segar untuk pakan ternaknya. Setelah itu membersihkan kandang dan mengumpulkan kotoran sapi. Lalu dimasukan ke sumur tempat  pengelolaan bahan bakar gas. Hal itu sering dilakukannya setiap hari.

Sejak muda dia gemar mengikuti pelatihan-pelatihan dari berbagai Universitas. Baik itu tanaman, perternakan maupun pertanian. Maka wajar kiranya Juju mampu menyulap kotoran sapi menjadi bahan bakar gas dari kotoran sapi.

”Dulu suka ada pelatihan-pelatihan dari universitas atau dari dinas. Saya sering ikut. Waktu itu ada pelatihan dan pemasangan alat buat bikin kotoran sapi jadi gas buat masak,” kata Juju kepada Jabar Ekspres di kediamannya.

Sudah 22 tahun Juju menekuninya. Sejak tahun 2000 lalu. Baginya itu merupakan kebutuhannya sehari-hari. Untuk istrinya memasak hidangan untuk keluarganya. Terlebih menghemat biaya dapur.

”Sekitar tahun 2000 saya udah pake kotoran sapi jadi gas. Saya juga ada ternak sapi jadi selain buat pupuk saya pake buat bahan bikin gas,” ucapnya.

Dijelaskan Juju, saat ini jumlah hewan ternak yang dia urus sebanyak 13 ekor sapi. Sementara untuk tabung penyimpan kotoran sapi yang dijadikan biogas atau bahan bakar gas memiliki ruang yang mampu menampung tiga kubik kotoran sapi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan