oleh

Cegah Perokok Anak, Berikut Langkah Pentingnya

JAKARTA – Makin meningkatnya kasus perokok anak, membuat miris banyak kalangan, bukan hanya orang tua tapi juga pemerhati anak. Pasalnya selain mengganggu kesehatan dan pertumbuhan, rokok juga akan merusak mental dan pergaulan si anak.

Hal ini mendapat perhatian serius dari Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundari yang selama ini sudah melakukan penelitian dan pembinaan, untuk mencari solusi tepat mengurangi jumlah perokok anak.

Salah satunya dengan melakukan pencegahan agar anak-anak tidak menjadi perokok. Berikut langkah penting yang seharusnya dilakukan untuk mencegah perokok anak.

Pertama, perlu diberlakukan kebijakan pelarangan penjualan rokok batangan. Kemudian, pelarangan iklan rokok dan menaikkan cukai rokok.

“Untuk menurunkan prevalensi perokok anak perlu kebijakan yang komprehensif. Tidak cukup dengan cukai naik saja, tetapi juga harus ada kebijakan pelarangan penjualan rokok batangan dan pelarangan iklan rokok,” ujar Lisda saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (15/1).

Menurut Lisda, ada dua kebijakan yang belum diterapkan di Indonesia. Yakni, melarang penjualan rokok batangan dan iklan rokok. Akibatnya, industri rokok masih bisa membujuk anak-anak untuk menjadi perokok melalui berbagai iklan dan promosi.

Padahal, rokok menurutnya zat adiktif yang dapat membuat kecanduan dan membahayakan kesehatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga