Tingkatkan Trombosit dengan Makan Ini

JAKARTA – Musim hujan seperti ini, penyakit yang biasanya banyak menyerang adalah flu dan demam berdarah. Demam berdarah terjadi akibat gigitan nyamuk dengan gejala seperti demam, timbul ruam, nyeri pada otot serta turunnya jumlah trombosit.

Trombosit bertanggung jawab untuk mencegah kehilangan darah yang berlebihan selama cedera dengan membentuk gumpalan darah dan merawat pembuluh darah yang rusak. Orang yang sehat memiliki 150.000 sampai 450.000 trombosit setiap mikroliter darah.

Seperti dikutip dari laman Thehealthsite, untuk menaikkan jumlah tersebut, berikut ini ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi.

1. Kiwi

Kiwi bisa membantu meningkatkan kadar trombosit Anda dan bagian terbaiknya adalah, sekarang dengan mudah kiwi tersedia di setiap pasar lokal.

Makan setidaknya dua kiwi sehari untuk melihat beberapa hasil saat menjalani perawatan medis. Buah kiwi ini juga berguna bagi mereka yang menderita anemia, kekurangan vitamin B dan infeksi virus lainnya.

2. Buah Naga

Buah naga dianggap sebagai makanan eksotis di India, tetapi buah naga ini sudah tersedia di pasar grosir dan beberapa supermarket.

Buah naga merupakan makanan yang membantu dalam meningkatkan jumlah trombosit pada pasien demam berdarah karena sifat antioksidannya.

3. Putih Telur

Putih telur adalah cara murah untuk meningkatkan jumlah trombosit Anda karena mengandung albumin yang merupakan protein penting yang ditemukan dalam plasma darah.

4. Susu dan Produk Susu

Susu dan produk susu adalah sumber kalsium yang bisa membantu meningkatkan jumlah trombosit Anda selama perawatan. Jika Anda tidak mengonsumsi kalsium yang cukup, tubuh akan membutuhkan waktu lebih lama untuk membentuk bekuan darah, terutama ketika kamu menderita cedera.

5. Daun Pepaya

Daun pepaya mengandung enzim seperti chymopapin dan papain yang membantu meningkatkan jumlah trombosit yang rendah. Anda bisa merebus daun pepaya selama sekitar 15 menit dan minum airnya dua kali sehari. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan