Minum Kopi Berlebihan Bisa Turunkan Imunitas Tubuh

JAKARTA – Minum kopi diketahui bisa meningkatkan konsentrasi seseorang dan juga menghilangkan rasa kantuk yang berlebihan. Namun kenyataannya, kopi tidak memiliki efek yang signifikan pada sistem kekebalan tubuh

Perasaan hangat yang Anda rasakan saat minum kopi saat sakit memang luar biasa, tetapi itu tidak meningkatkan sistem imunitas tubuh sama sekali. Secara tradisional, kopi tidak berpengaruh pada imunitas seseorang.

Seperti dikutip laman Thehealthsite, begini efek samping minum kopi berlebihan.

1. Memicu pelepasan hormon stress

Kafein yang ada dalam kopi tidak baik jika dikonsumsi secara berlebihan dan bisa merangsang sistem saraf simpatik dengan meningkatkan tingkat stres. Terlalu banyak stres adalah alasan pelepasan hormon stres, seperti kortisol yang mengganggu fungsi sistem kekebalan tubuh.

Peningkatan kortisol bertanggung jawab atas sejumlah masalah kesehatan yang berkaitan dengan jantung dan fluktuasi gula darah, kolesterol tinggi, dan trigliserida. Semua kolektif itu membuat sistem kekebalan tubuh Anda turun.

2. Mengganggu sel imun

Asupan kafein yang tinggi menekan produksi antibodi dalam tubuh. Kafein memblokir sel T dan sel B dalam tubuh untuk menyerang benda asing untuk melawan infeksi.

3. Menyebabkan insomnia

Minum kopi berlebihan juga bisa berdampak pada otak memblokir adenosin neurotransmiter yang bertanggung jawab untuk produksi neurotransmiter lainnya.

Kafein memblokir reseptor adenosin di otak dan hal ini membuat otak lebih waspada. Dengan lebih banyak reseptor yang tersedia, efek kafein melambat yang membuat Anda lesu dan memengaruhi tidur di penghujung hari. Dalam jangka panjang, bisa menyebabkan insomnia. Kurang tidur kembali meningkatkan kadar kortisol dan menekan sistem kekebalan tubuh. (jpnn/ran)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan