Ikan Mas Raksasa Berat 15 Kg Buat Geger Warga di Situ Hiyang Cikamunding

CIREBON – Warga di Situ Hiyang Cikamunding dibuat geger dengan penemuan ikan mas raksasa. Ikan mas tersebut memiliki bobot 15 kilogram. Namun, saat ditemukan sudah dalam kondisi lemas.

Warga yang menangkap ikan mas raksasa itu, kemudian berusaha mengembalikan ke tengah danau. Tapi saat akan dikembalikan ikan tersebut sudah mati.

Warga kemudian membawa ikan mas raksasa tersebut ke Balai Desa Cikamunding, Kecamatan Cilograng, Kabupaten Lebak.

Situ Hiyang Cikamunding merupakan kawasan yang dianggap bersejarah. Kini tempat itu dijadikan objek wisata dan alamnya masih asri.

Sementara itu, berdasarkan penjelasan Badan Karantina Ikan, Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM), ikan mas memang bisa tumbuh besar.

Ikan dengan nama latin cyprinus carpio merupakan ikan konsumsi yang telah dibudidayakan dan juga populer sebagai ikan hias.

Ikan jenis ini dapat tumbuh hingga mencapai panjang 120 cm dengan berat mencapai 60 kg. Ikan tersebut dapat tumbuh sampai ukuran besar tergantung kondisi lingkungan perairan yang mendukung.

Secara anatomi, memiliki ciri-ciri mata yang kecil, bibir tebal, dua sungut di sudut mulut dan sisik yang besar.

Warna ikan sangat bervariasi diantaranya adalah hijau zaitun, perak keemasan dan kuning.

Dampak yang dapat ditimbulkan dari jenis ikan ini diantaranya adalah menyebabkan penurunan kualitas perairan, meningkatkan kekeruhan dan kompetisi makanan dengan jenis ikan lain dalam suatu habitat. (radarcirebon/ran)

 

Tinggalkan Balasan