Dorong Minat Warga Divaksin, Pengmas FK Unjani Beri Penyuluhan dan Edukasi Masyarakat RW 11 Kelurahan Baros

CIMAHI — Pandemi Covid-19 sangat berdampak pada berbagai aspek, mulai dari aspek ekonomi, sosial, pendidikan, budaya dan tentu saja pada aspek kesehatan. Bahkan, sudah banyak warga Indonesia yang terpapar hingga meninggal dunia akibat keganasan virus dari Wuhan tersebut.

Untuk memutus matarantai penyebaran virus, berbagai cara pun ditempuh oleh pemerintah. Salah satunya dengan vaksinasi yang terus digalakkan dengan tujuan tercapainya Herd Immunity.

Program vaksinasi Covid-19 yang terus gencar dilakukan pemerintah khususnya dan masyarakat dunia pada umumnya diharapkan dapat mencegah penularan Covid -19 di masa mendatang serta menurunkan angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan infeksi virus Sarcov-2 ini.

Namun, ternyata masih banyak warga masyarakat yang belum sepenuhnya memahami pentingnya vaksinasi Covid-19 tersebut. Dan hal itu yang melatar belakangi Tim Pengabdian kepada Masyarakat (Pengmas) Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) mengedukasi masyarakat tentang pentingnya vaksinasi Covid-19.

Ketua Pelaksana Pengmas FK Unjani, Yudith Yunia Kusmala mengungkapkan, pihaknya mengedukasi terkait pentingnya vaksinasi melalui penyuluhan yang dilakukan kepada warga RW 11 Kelurahan Baros, Cimahi Selatan Kota Cimahi.

“Kegiatan ini kami lakukan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Cimahi dengan melibatkan dosen dan mahasiswa,” ungkapnya, melalui siaran tertulis, Minggu (26/12).

Selain memberikan penyuluhan, Pengmas FK Unjani juga melakukan pengukuran titer antibodi terhadap masyarakat yang telah mendapatkan vaksinasi lengkap dengan berbagai macam platform Vaksin Covid seperti Sinovac, Astra Zeneca, Pfizer dan Moderna.

“Tujuannya untuk mendapatkan gambaran titer antibodi yang dihasilkan oleh masing- masing jenis vaksin yang telah diberikan,” terangnya.

Selain di RW 11 Kelurahan Baros, kata Tuding, kegiatan yang sama juga dilaksanakan di Lingkungan Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan di Kampus Unjani.

Dia berharap dengan kegiatan yang dilakukan pihaknya, maka akan meningkatkan pengetahuan dan memotivasi masyarakat untuk memperoleh vaksinasi Covid-19 ini.

“Selain itu, kita juga akan dapat mengetahui adanya perbedaan nilai titer antibodi pasca vaksinasi dengan kelompok vaksin yang berbeda. Sehingga nantinya dapat dijadikan sebagai dasar dalam pemilihan jenis vaksin,” tandasnya.

Sementara itu, Koordinator Pengmas Bidang Kesehatan Unjani menambahkan, jika kegiatan Pengmas oleh tim FK Unjani ini merupakan salah satu rangkaian pengabdian masyarakat Unjani yang dilaksanakan secara paralel dari beberapa Fakultas di Unjani.

Tinggalkan Balasan