DKR Cimanggung Gelar Lomba Pramuka Tingkat Penegak Seluruh Jawa Barat

SUMEDANG – Guna meningkatkan potensi minat dan bakat dalam bidang Pramuka, Dewan Kerja Ranting (DKR) Cimanggung bentuk kegiatan tingkat SMA seluruh Jawa Barat.

Ketua DKR Cimanggung, Ade Abdul Rahman menyampaikan, diselenggarakannya kegiatan Pramuka tingkat SMA atau biasa disebut Penegak untuk seluruh Jawa Barat agar peran pemuda tetap produktif serta inovatif.

“Nama kegiatannya ‘Gana Ekawira Bakti Scout Competition Tingkat Penegak Se-Jawa Barat Tahun 2021’ dengan temakan peran pemuda pada masa pandemi di era digital,” kata Ade kepada Jabar Ekspres, Senin (20/12).

Ade menerangkan acara tersebut merupakan kegiatan pertama dan terbesar yang diselenggarakan oleh DKR Cimanggung.

“Kegiatan ini dilaksanakan pertama kalinya di ajang bergengsi dan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan guna meningkatkan kualitas minat dan bakat atau dalam Pramuka disebut scouting skill dalam bidang tertentu,” pungkasnya.

Ade menjelaskan, dalam kegiatan Pramuka tingkat Penegak seluruh Jawa Barat itu dibagi menjadi lima kategori lomba.

“Materi kepramukaan, membaca puisi, menulis essay, desain poster dan terakhir lomba video pendek,” imbuh Ade.

Kegiatan yang berlangsung sejak 01 November sampai 18 Desember 2021 itu, ucap Ade, diikuti oleh peserta sebanyak 150 orang dari beberapa sekolah yang ada di Jawa Barat.

“Kegiatan ini merupakan program kerja terbesar kami DKR Cimanggung dalam event perlombaan tingkat penegak. Kegiatan ini juga bertujuan untuk membangkitkan semangat generasi muda dalam kegiatan Pramuka,” ujarnya.

“Meskipun kita dalam kondisi pandemi Covid-19, tapi kita memikirkan bagaimana caranya selaku generasi muda agar bisa tetap berkegiatan dan beraktifitas,” tambahnya.

Ade menuturkan, pada kegiatan Pramuka tingkat Penegak seluruh Jawa Barat itu, melahirkan juara perlombaan putra dan putri.

“Untuk juara utama putra diraih oleh SMAN Cimanggung dan untuk juara utama putri diraih oleh SMK Angkasa 2 Margahayu, sedangkan untuk juara umum diraih oleh SMK Angkasa 2 Margahayu,” sebutnya.

Alhamdulillah acara kemarin sangat banyak yang antusias dalam kegiatan tersebut dan Alhamdulillah lancar hingga akhir kegiatan,” tutup Ade. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan