Dewan Sebut Penyebaran Covid-19 di Sumedang Landai Jelang Akhir Tahun

SUMEDANG – Pencegahan penyebaran Covid-19 terus dilakukan, termasuk di Kabupaten Sumedang dengan cara terus menggencarkan vaksinasi.

Kabupaten Sumedang masih perlu mengejar target vaksinasi sampai akhir tahun di angka 70 persen untuk membentuk herd immunity. Saat ini capaian vaksinasi Kabupaten Sumedang baru menginjak angka 64,76 persen, sedikit lagi dapat membentuk herd immunity.

Terkait hal itu, Sekretaris Komisi 3 DPRD Sumedang, Iwan Nugraha mengatakan, capaian 64,76 persen vaskinasi itu untuk tahap dua saja, belum terhitung dengan yang sudah divaksin tahap satu.

“Dari cakupan itu, tercapai 74 persen untuk vaksin tahap satu dan 64 persen untuk vaksin tahap dua,” kata Iwan saat dihubungi Jabar Ekspres, Senin (20/12).

Iwan mengaku, untuk saat ini Kabupaten Sumedang belum mencapai target vaksinasi guna membentuk herd immunity.

“Kalo secara hitung-hitungan, herd immunity itu kita segera mengejar 923 ribu 200 jiwa,” ucap Iwan.

“Karena angka 923 ribu 200 jiwa itu merupakan 70 persen dari populasi kita (Sumedang),” tambahnya.

Iwan menuturkan, guna mencapai target herd immunity di angka 70 persen dari jumlah jiwa, maka vaksinasi harus terus dimaksimalkan.

“Satu sisi vaksinasi harus terus dioptimakan. Protokol kesehatan harus tetap dioptimalkan,” imbuhnya.

“Di sisi lain kita masih tetap harus waspada dengan resiko peningkatan kasus dengan adanya varian (baru) Omicron ini,” tambah Iwan.

Dia berujar, dari pantauan tracing hingga testing mengenai penyebaran Covid-19, di Kabupaten Sumedang pada November 2021 sampai sekarang terbilang landai alias tak terjadi peningkatan.

“Hingga saat ini, alhamdulillah masih landai. Untuk di dalam daerah kita Insya Allah masih lebih aman, meskipun ikhtiar protokol kesehatan tetap harus dioptimalkan,” tutup Iwan. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan