Tumbuhkan Ekonomi Secara Bertahap, Forkopimcam Cicalengka Dorong UMKM

CICALENGKA – Gencarnya vaksinasi di wilayah Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung guna memcapai herd immunity ternyata tak jadi halangan untuk memutar kembali roda perekonomian.

Pasalnya, dari sekian banyak gebyar vaksinasi yang dilakukan agar masyarakat terlindungi dari paparan virus Covid-19, Kecamatan Cicalengka juga mendorong warganya yang mempunyai usaha guna secara perlahan meningkatkan perekonomian.

Hal itu diungkapkan Camat Cicalengka, Entang Kurnia. Menurutnya, para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di wilayahnya itu tetap harus diperhatikan.

“Sementara ini kita fokus dulu di vaksinasi dari pemerintah. Kalau UMKM sudah dibekali secara online,” kata Entang kepada Jabar Ekspres melalui panggilan telepon, Jumat (29/10).

“Jadi para pelaku UMKM kita berikan dorongan, difasilitasi oleh pak Danramil dan pak Kapolsek Cicalengka,” tambahnya.

Dalam pemaparannya, Entang menuturkan, dorongan kepada para pelaku UMKM yang diberikan oleh Koramil serta Polsek Cicalengka itu berbentuk bantuan modal usaha.

“Diberi bantuan modal langsung kepada para UMKM oleh pak Danramil dan juga oleh pak Kapolsek,” pungkas Entang.

Sementara itu, selain adanya dorongan dari Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cicalengka khususnya oleh pihak Koramil dan Polsek, dijelaskan Entang, para pelaku UMKM juga diberi kemudahan dalam pemasaran dengan memanfaatkan sistem digital.

Meskipun saat ini kondisi penyebaran virus Covid-19 terbilang landai, namun pandemi Covid-19 masih belum usai.

Karenanya, Entang berujar, pemanfaatan pemasaran secara online sangan membantu para pelaku UMKM, sebab selain target pasar semakin luas dan tidak perlu timbulkan kerumunan sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus Covid-19.

“UMKM juga difasilitasi (pemasaran) secara online dari Dinas Koperasi UKM, yang disosialisasikan melalui pak Danramil dan pak Kapolsek,” imbuh Entang.

“Dengan harapan masyarakat ekonominya bisa timbuh lagi, bisa berjualan lagi. Supaya dapat menjadi pendorong perekonomian lokal,” tutupnya. (mg5)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan