Dukung Pengembangan Jatigede sebagai Daerah Tujuan Wisata

BANDUNG – Melalui program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL), PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Tengah (UIP JBT) kucurkan bantuan senilai Rp 227 juta untuk membangun pusat galeri produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kecamatan Jatigede, Sumedang, Jawa Barat.

Galeri UMKM Kecamatan Jatigede akan dimanfaatkan sebagai sentra produk UMKM yang akan menjual berbagai produk UMKM yang ada di Kecamatan Jatigede.

Pemanfaatan Galeri UMKM ini diharapkan dapat memperluas jangkauan pemasaran UMKM serta mendukung peningkatan perekonomian daerah melalui optimalisasi potensi daerah Jatigede sebagai daerah tujuan wisata.

”Selain memenuhi penyediaan listrik bagi masyarakat, secara korporasi PLN juga memiliki tanggung jawab sosial dan lingkungan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi masyarakat dan kami melihat banyaknya UMKM di Jatigede dapat menjadi potensi untuk pengembangan daerah Jatigede sebagai daerah tujuan wisata.” ujar Octavianus Duha, General Manager PLN UIP JBT.

Berdasarkan data pemerintah kecamatan Jatigede, terdapat 47 pelaku UMKM dari 6 Desa yang aktif menjalankan usahanya di wilayah Kecamatan Jatigede.

Adapun produk-produk yang dihasilkan oleh para pelaku UMKM ini di antaranya, produk meubelair, kerajinan anyaman bambu dan plastik, gula aren, tahu, opak, dan berbagai macam makanan ringan dan minuman khas Jatigede.

Camat Jatigede, Widodo Heru Prasetyawan, menyampaikan bahwa galeri UMKM ini juga akan menjadi salah satu tujuan wisata Jatigede yang direkomendasikan untuk para wisatawan dalam maupun luar daerah yang datang ke Jatigede.

”Di Jatigede, ada beberapa obyek wisata di Jatigede yang sudah cukup ramai dikunjungi wisatawan, termasuk salah satunya wisata Tegal Jarong di Desa Cijeungjing yang juga banyak dibantu dan dibina oleh PLN dalam pengembangannya. Untuk mendukung wisata ini, pemerintah kota Sumedang menyediakan bus wisata yang akan membawa wisatawan berkeliling daerah obyek wisata Jatigede. Rute bus wisata ini juga akan melewati galeri UMKM sehingga wisatawan bisa mampir untuk membeli produk oleh-oleh Jatigede di sini,” ujar Widodo.

Selain Galeri UMKM, tahun ini PLN UIP JBT juga telah mendukung beberapa pelaku UMKM di Kecamatan Jatigede melalui program bantuan TJSL lainnya di antaranya bantuan peralatan mesin produksi untuk UMKM Opak di Desa Karedok, bantuan sambung listrik gratis dan peralatan kios UMKM di Tegal Jarong, serta bantuan pembinaan dan sertifikasi produk UMKM.

Tinggalkan Balasan