Jokowi: Banyak yang Tidak Tahu, Cadangan Tembaga Indonesia Terbesar di Dunia

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan, bahwa Indonesia memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Namun, kata dia, banyak masyarakat yang tidak mengetahuinya.

“Banyak yang tidak tahu mengenai kondisi ini. Potensi tersebut harus dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat,” kata Jokowi saat meresmikan peletakkan batu pertama pembangunan smelter PT Freeport Indonesia di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Gresik, Provinsi Jawa Timur, ditulis, Rabu (13/10/2021).

Dengan demikian, Jokowi menekankan, bahwa tidak ingin Indonesia memiliki tambang tetapi smelter atau hilirisasinya di negara lain. Misalnya di Spanyol dan Jepang. Sebab, nantinya nilai tambahnya masuk ke negara tersebut, padahal tambangnya milik Indonesia.

“Negara kita Indonesia memiliki cadangan tembaga yang besar. Sangat besar. Masuk kategori tujuh negara yang memiliki cadangan tembaga terbesar di dunia. Ini yang banyak kita enggak tahu. Potensi yang sangat besar ini harus kita manfaatkan sebaik-baiknya, sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat dengan menciptakan nilai tambah setinggi-tingginya bagi ekonomi kita,” tuturnya.

Jokowi menambahkan, hal inilah yang menjadi alasan mengapa smelter Freeport dibangun di dalam negeri yaitu di Gresik Provinsi Jatim. Menurutnya, ini adalah sebuah kebijakan strategis terkait dengan industri tambang, tembaga.

“Setelah kita menguasai 51 persen saham Freeport dan saat itu juga kita mendorong agar Freeport membangun smelter di dalam negeri. Sekali lagi, kita ingin nilai tambah ada di sini,” pungkasnya. (Fin.co.id)

Tinggalkan Balasan