Lumbung Indonesia Buka Gerai Rumah UMKM di Kota Bandung

BANDUNG – Hanida Fondation membuka cabang Lumbung Indonesia di Kota Bandung sebagai wadah untuk berkumpulnya para penggiat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM)

Faunder Hanida Fondation dan Dewan Pembina Lumbung Indonesia Sri Suparni Bahlil menuturkan, keberadaan Lumbung Indonesia di Kota Bandung diharapkan mampu menggerakan sektor perekonomian khususnya UMKM.

Menurutnya, di tengah pandemi Covid-19, sektor ekonomi mengalami dampak sehingga tidak sedikit usaha yang gulung tikar.

Kendati begitu, keberadaan UMKM harus dibantu dan dibutuhkan wadah yang dapat memaksimalkan usaha para pelaku UMKM.

“Jumlah UMKM yang mencapai ribuan dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap perekonomian,’’ujarnya.

Lumbung Indonesia sebagai wadah bagi para pengusaha, investor, petani, peternak, dan UMKM, untuk bisa bersinergi lebih luas dengan semua lembaga, termasuk pemerintahan.

UMKM membutuhkan support dan uluran tangan dari berbagai pihak, dalam meningkatkan kualitas UMKM, termasuk di Jawa Barat.

“Ini menjadi energi positif bagi UMKM, dengan uluran tangan dari berbagai pihak, juga membantu pemerintah dalam pemberdayaan UMKM,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Lumbung Indonesia Liena Mulyadi mengatakan, dalam kiprahnya Lumbung Indonesia sudah hadir di beberapa Kota di Indonesia. Bahkan Sudah di luar pulau jawa dan luar negeri.

Lumbung Indonesia yang telah terbentuk akan terus mempromosikan produk UMKM melalui wadah dan kegiatan yang diselenggarakan oleh organisasi.

Selain itu, Lumbung Indonesia ingin menjadi wadah untuk kolaborasi antara pemerintah dan pengusaha, dalam pemberdayaan UMKM di Indonesia.

Untuk pembentukan Lumbung Indonesia di Kota Bandung, pihaknya mendapat suport dan dukungan dari berbagai pihak, seperti Hanida Fondation, Kagum Group, Yomart, BECC dan lainnya.

‘’Ini sangat membantu para UMKM nantinya untuk kelancaran dalam memasarkan produknya,’’kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Lumbung Indonesia Jawa Barat, Lina Marlina Ruzhanul Ulum berharap UMKM di Jawa Barat dapat terbantu dan meningkat potensinya, melalui Lumbung Indonesia. Terutama terkait promosi atau pemasaran yang kerap masih jadi kendala bagi para UMKM.

“Seperti produk UMKM Sukabumi, banyak yang bagus dan memiliki kualitas tapi masih kurang promosi dan pemasarannya. Maka kita berupaya melalui wadah ini, dapat menjadi solusi bagi mereka,” terangnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan