Komunikasi Politik yang Dilakukan Airlangga Hartarto Sangat Penting

JAKARTA – Pengamat Politik dari Head of Department of Politics and Social Change at Centre for Strategic and International Studies (CSIS) Arya Fernandes menuturkan, komunikasi politik lintas partai  yang dilakukan oleh Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dalam dua hari terakhir dinilai strategis.

Menurutnya posisi Airlangga yang merupakan pimpinan partai besar dengan kursi terbanyak kedua di DPR sangat perlu menjalin hubungan politik mulai dari sekarang. Terlebih situasi politik di Indonesia sangat dinamis.

‘’Jadi komunikasi lintas partai ini harus menjadi agenda politik yang konsisten bagi Airlangga,’’ucapnya dalam keterangannya, Minggu, (26/9).

Dia menilai, pertemuan dengan tokoh-tokoh politik yang dilakukan Airlangga adalah langkap sangat baik. Sebab, semakin sering bertemu, maka di tingkat pemilih, di bawah, juga semakin baik dan tidak terpolarisasi.

‘’Masyarakat melihat mereka bisa berkomunikasi, meski suatu saat juga akan berkompetisi,” kata Arya.

Selain itu, Jika membaca situasi politik di Indonesia saat ini belum begitu jelas. Hal ini menunjukan menunjukkan siapa saja yang akan mendapatkan dukungan dari partai politik untuk maju dalam pemilihan presiden mendatang menjadi penentu.

‘’Komunikasi politik menjadi sangat strategis untuk dilakukan.  Terutama, komunikasi lintas partai,” kata Arya.

Menurut Arya, langkah Airlangga sepertinya membaca kemungkinan-kemungkinan membentuk koalisi.  Kedua, mencari chemistry di antara tokoh-tokoh tersebut. Ketiga, mencari kesamaan platform, pandangan dan kebijakan.

Golkar sendiri dalam agenda Pilpres 2024 nanti memang diuntungkan, karena memiliki kira-kira 14% kursi di DPR, sehingga hanya butuh sisa 6% untuk mencalonkan presiden.

Hal ini membuat Golkar dan Airlangga sebagai partai dan figur yang “seksi”, karena memiliki posisi tawar yang sangat tinggi.

“Airlangga saya kira punya peluang untuk bisa maju dan bertemu banyak tokoh,” Pungkas  Arya. (red)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan