Masih Ada Ratusan Sekolah TK-SMP di Cimahi Belum Gelar PTM

CIMAHI – Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi menyebutkan, belum sepenuhnya sekolah di Kota Cimahi melaksanakan Sekolah Tatap Muka Terbatas (PTMT) di tengah pandemi Covid-19 ini. Ada ratusan sekolah yang masih memilih belajar secara daring atau online.

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Cimahi, dari total 46 SMP, ada 1 sekolah yang orang tua dan komite nya secara umum tidak memberikan izin.

Sedangkan dari 116 SD, ada 1 sekolah juga yang bernasib serupa. Sementara untuk jenjang TK dan PAUD ada 124 sekolah dari total 336 sekolah yang belum melaksanakan PTM.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cimahi, Harjono mengatakan, untuk SD dan SMP mungkin saja yayasan dan para orang tua masih khawatir sehingga belum mengizinkan anak-anaknya untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar di sekolah.

“Kami gak bisa memaksa. Itu hak komite dan orang tua. Kalau untuk TK sama PAUD itu karena saran dan prasarananya belum memungkinkan, kita juga gak bisa paksakan,” ungkap Harjono pada Selasa (21/9).

Sementara untuk TK dan PAUD, ungkap Harjono, semuanya dikarenakan sarana dan prasarana yang tidak memungkinkan untuk dilaksanakan PTM.
Sebab belum dilaksanakan PTM, ratusan Sekolah TK, PAUD, SD dan SMP tersebut untuk sementara ini masih melaksanakan pembelajaran secara daring atau online.

PTM di Kota Cimahi sendiri sudah dimulai sejak 6 September lalu. PTM dilaksanakan secara terbatas, dimana durasi pembelajaran dan waktu pertemuan dibatasi untuk mencegah penularan Covid-19 pada masa transisi ini.

Dirinya mengklaim, pada dua pekan awal ini proses PTM diklaim berjalan lancar. Selain itu, tidak ada kasus Covid-19 baru di lingkungan satuan pendidikan baik untuk guru dan siswa. Kasus lama pun sudah dinyatakan sembuh semua.

“Semua dalam kondisi sehat. Sudah sembuh semua. Untuk pencegahan, stategi utama kita tetap pada protokol kesehatan,” imbuhnya.

Pelaksanaan PTM pada masa transisi di Kota Cimahi dipantau langsung perwakilan dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbud Ristek). Mereka mendatangi dua sekolah dasar di Kota Cimahi.

“Kami ingin memetakan kalau PTM mulai berjalan seperti apa pelaksanaannya, karena itu memantau ke sejumlah daerah untuk melihat kesiapannya,” ujar Arman Satya Prayoga dari Direktorat Sekolah Dasar Kemdikbud Ristek.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan