oleh

Perubahan APBD 2021 Kota Bogor Akhirnya Ditetapkan Rp 2,9 Triliun

BOGOR – Setelah APBD 2021 Kota Bogor dua kali mengalami refocusing untuk penanganan pandemi COVID-19, perubahan APBD berhasil ditetapkan Pemerintah dan DPRD Kota Bogor, Kamis, dalam Kebijakan Umum Perubahan APBD Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUPA-PPAS) 2021.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, hingga saat ini APBD 2021 telah mengalami dua kali refocusing anggaran sesuai amanat Peraturan Perundangan-undangan.

Pertama, refocusing APBD untuk penanganan COVID-19 sebesar Rp87 miliar. Lalu yang kedua untuk Penanganan COVID-19 dan kebutuhan belanja tidak terduga (BTT ) untuk penanganan bencana lain sebesar Rp30 miliar.

Baca Juga:  DPRD Kabupaten Bogor Sahkan APBD Perubahan 2021 Rp 8,38 Triliun

Bima Arya juga menjelaskan, perubahan anggaran penanganan COVID-19 dan bencana itu bisa dilakukan karena dalam KUPA-PPAS, pendapatan daerah ditetapkan sebesar Rp2,5 triliun atau naik Rp303 miliar dari APBD murni Tahun 2021.

Sementara perubahan anggaran belanja daerah ditetapkan sebesar Rp2,9 triliun atau naik Rp374 miliar.

Kemudian, ada perubahan pembiayaan yang ditetapkan sebesar Rp359 miliar atau naik Rp 71 miliar dari APBD murni Tahun 2021.

Baca Juga:  DPRD Kota Bogor Anggarkan 200 Juta untuk Perbaikan Atap SDN Otista yang Ambruk

Dengan begitu, pada tahun 2021 Pemkot Bogor mengalokasikan dana untuk penanganan Covid-19, antara lain meliputi tiga hal.

Pertama, kata Bima Arya, sektor kesehatan untuk fasilitasi vaksinasi COVID-19, stimulus pemulihan ekonomi, dan bantuan intervensi jaring pengaman sosial.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga