oleh

Airlangga: Strategi Pengembangan IPTEK Melalui Riset Jadi Fokus Pemerintah

JAKARTA – Seiring dengan pencapaian visi Indonesia Emas pada 2045, Pemerintah akan terus mendorong kemajuan dan pengembangan Ilmu pengetahuan atau IPTEK melalui perguruan tinggi maupun lembaga penelitian.

Hal ini berkaitan erat dengan pencapaian untuk laju pertumbuhan ekonomi. Dengan begitu, percepatan pembangunan ekonomi harus berbasis inovasi.

‘’Ini merupakan salah satu tahapan dalam pencapaian Visi Indonesia Emas di tahun 2045,’’jelas Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto ketika mhadir sebagai keynote speech pada acara Hari Kebangkitan Teknologi Nasional ke-26 Kamis, (16/90)

Baca Juga:  Begini Strategi Penanganan Covid-19 di Indonesia Menurut Airlangga

Indonesia diproyeksikan menjadi negara dengan Produk Domestik Bruto terbesar ketujuh pada 2045. Untuk mencapai target tersebut, Indonesia harus tumbuh rata-rata 5,7 persen per tahun.

Hal ini tentu saja hanya akan terjadi apabila penguatan struktur ekonomi dan percepatan pertumbuhan berbasis inovasi telah dilakukan.

Untuk mencapai target tersebut, arah kebijakan dan strategi nasional pembangunan IPTEK 2020-2024 akan berfokus pada peningkatan akselerasi ekosistem riset dan inovasi.

Baca Juga:  Airlangga Hartarto Hibahkan Dua Bus Listrik dan Microbus untuk UGM

Selain itu, peningkatan jumlah dan kualitas belanja Litbang, prioritas Rencana Induk Riset Nasional (RIRN) yang diharapkan bermanfaat untuk masyarakat serta pengembangan penelitian, Research Power House.

Dalam kerangka mewujudkan ekosistem riset dan inovasi, perubahan paradigma pembangunan ekonomi menjadi suatu hal yang penting.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga