Masuk Tiga Besar Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi, Ini Keunggulan yang Dimiliki Kelurahan Tanah Baru

DEPOK – Kelurahan Tanah Baru, Kecamatan Beji kini sedang banjir apresiasi lantaran sejumlah prestasi yang berhasil diraih.

Seperti diketahui, Kelurahan Tanah Baru merupakan satu-satunya kelurahan di Kota Depok yang berhasil lolos sebagai peserta Lomba Kinerja dan Inovasi Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat mewakili Depok.

Untuk lolos ke tingkat Provinsi, Kelurahan Tanah Baru terlebih dahulu menyingkirkan dua kompetitor lainnya yakni Kelurahan Duren Seribu (Duser), Kecamatan Bojongsari, dan Kelurahan Pangkalan Jati Baru, Kecamatan Cinere pada lomba yang sama di tingkat Kota Depok.

Alhasil, nasib baik tidak hanya berhenti di situ, Kelurahan Tanah Baru kini dinyatakan lolos ke tiga besar untuk Lomba Kinerja dan Inovasi Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat bersama dua peserta lainnya yakni Kelurahan Purwaharja, Kecamatan Purwaharja, Kota Banjar dan Kelurahan Cipageran, Kecamatan Cimahi Utara, Kota Cimahi.

Lalu, apa yang menjadi kelebihan utama yang dimiliki Tanah Baru sehingga berhasil melaju hingga babak tiga besar dalam Lomba Kinerja dan Inovasi Kelurahan Tingkat Provinsi Jawa Barat?

Lurah Tanah Baru, Zakkya Fauzan menjelaskan sejumlah keunggulan yang dimiliki oleh Kelurahan Tanah Baru sehingga tidak hanya terpilih sebagai perwakilan Kota Depok di ajang tersebut, melainkan mampu menerobos sampai tiga besar.

“Apa yang menjadi keunggulan kami (Kelurahan Tanah Baru) tak lain pada sisi program dan inovasi pelayanan. Dari sisi inovasi pelayanan masyarakat kami memiliki Sistem Layanan Online Kelurahan dan Kecamatan Kota Depok (SILO), Sistem Informasi Pengelolaan Arsip (SIARSIP) dan portal web kelurahan www.kel-tanahbaru.depok.go.id untuk mendukung inovasi e-goverment,” kata Zakkya, Rabu (1/9).

Di samping itu, lanjut dia, Kelurahan Tanah Baru juga melakukan inovasi kebijakan di bidang pendidikan di mana di dalamnya terdapat program Punuk Onta atau Pustaka Nu Normal Kota Depok – Kelurahan Tanah Baru, sebagai media edukasi dan informasi anak mendukung gemar membaca.

“Tidak hanya itu, kami juga menyediakan program Pojok Design dan promosi online (Podespromline) sebagai sarana dan prasarana pendidikan pendukung UMKM dalam pembuatan kemasan dan digitalisasi pemasaran untuk bidang ekonomi,” urainya.

Tinggalkan Balasan