Pertama di Jawa Barat, SMPN 30 Depok Diharapkan Cetak Siswa Berprestasi di Bidang Olahraga

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok saat ini tengah fokus mendorong pengembangan bidang olahraga melalui pendidikan formal.

Hal tersebut dilakukan melalui penambahan sekolah baru yang konsen pada pengembangan di bidang keolahragaan. Sekolah baru ini diharapkan dapat mencetak atlet-atlet muda berprestasi.

Adapun sekolah baru yang dimaksud yakni Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 30. Sekolah ini digadang-gadang menjadi sekolah pertama di Provinsi Jawa Barat yang mengusung tematik olahraga.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Depok, M Thamrin mengatakan, SMPN 30 ini memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi anak-anak di Kota Depok, utamanya mereka yang memiliki minat dan prestasi di dunia olahraga.

“Kalau pun tidak punya prestasi di bidang olahraga, namun memiliki minat dan bakat di dunia olahraga tetap diberi kesempatan,” katanya, Senin (2/8).

Ia lebih lanjut mengatakan, selama ini Depok sendiri telah banyak menyumbang atlet-atlet di level nasional, meskipun dengan sarana pendidikan keolahragaan yang terbatas.

Belum lagi, banyak siswa-siswi di Depok yang punya bakat dan prestasi di dunia olahraga, tetapi sayangnya hal itu tidak bisa dikembangkan secara maksimal lantaran tidak adanya sekolah khusus yang fokus mengembangkan potensi tersebut.

“Maka dari itu, melalui sekolah baru ini, harapan besar kita tentu dapat menjadi wadah untuk mengoptimalkan segala potensi yang dimiliki para peserta didik, terutama di bidang olahraga,” ujarnya.

Sekolah tematik olahraga ini baru resmi dibuka tahun ini dan sekarang sudah menerima lima rombongan belajar (rombel). Masing-masing rombel terdiri dari 32 siswa jadi total ada 160 murid.

“Semoga sekolah tematik olahraga ini menjadi pendorong utama munculnya atlet-atlet muda berprestasi baik untuk Kota Depok dan juga untuk Indonesia,” imbuhnya. (hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan