Ketersediaan Tabung Oksigen di Puskesmas Sawahdadap Sumedang Masih Aman

SUMEDANG – Puskesmas Sawadadap di Desa Sawahdadap, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang alami penurunan jumlah warga yang datang berobat.

Warga yang berobat itu diketahui bukan keluhan mengenai penyakit Covid-19, melainkan dalam kategori sakit flu.

Hal itu diungkapkan oleh Kepala UPTD Puskesmas Sawahdadap, Dudung Supriatin. Menururnya penurunan terjadi cukup signifikan.

“Tingkat kunjungan pasien untuk Puskesmas Sawahdadap di luar keluhan penyakit Covid-19 yakni flu dan batuk batuk, namun saat ini keluhan itu tidak sebanyak minggu-minggu sebelumnya,” kata Dudung di Cimanggung, Senin (19/7).

Dudung menerangkan, keluhan flu tersebut saat ini mengalami penurunan seiring jumlah penurunan warga yang terpapar Covid-19.

“Sesuai data dan hasil pengecekan di lapang, angka positif Covid-19 yakni 130 positif data itu mulai Januari 2021,” ujarnya.

Jumlah data yang positif tersebut, kata Dudung, sebanyak 10 orang meninggal dan saat ini tersisa lima warga yang terkonfirmasi Covid-19.

“Jadi data itu sesuai yang disampaikan wakil bupati (Rabu lalu) yakni jumlah yang positif Covid-19 mengalami angka penurunan,” pungkas Dudung.

Sementara itu, Dudung menjelaskan, untuk stok oksigen di Puskesmas Sawahdadap masih dalam posisi aman.

“Bisa dibilang aman untuk kebutuhan pasien yang datang dengan keluhan sesak nafas,” imbuhnya.

Dalam pemaparannya, Dudung menekankan, untuk kebutuhan oksigen bagi pasien yang mengalami keluhan sesak nafar, ketersediaan tabung oksigen di Puskesmas Sawahdadap masih aman.

“Kita sudah mendapat pasokan oksigen untuk pasien yang memili keluhan sesak nafas. Jadi stok oksigen bisa dikatakan aman untuk saat ini,” tutupnya. (bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan