Ketersediaan Tempat Tidur Isolasi Hampir Penuh, 3 RS di Depok Dipersiapkan

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok sedang menyiapkan tempat tidur isolasi di tiga rumah sakit lainnya mengingat ketersediaan tempat tidur isolasi di Rumah Sakit rujukan Covid-19 yang mulai hampir penuh.

Ketiga rumah sakit itu di antaranya, RS Brawijaya Bojongsari, RSIA Asyifa, dan RSIA Setya Bhakti.

Dinas Kesehatan Kota Depok menyebut jumlah pasien yang terus bertambah membuat tempat tidur isolasi dan ICU (Intensive Care Unit) di RS rujukan pasien Covid-19 hampir penuh.

“Untuk tempat tidur isolasi Covid-19 yang tersisa hanya 273 tempat tidur. Sementara, untuk tempat tidur ICU yang tersisa hanya 32 tempat tidur,” kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinkes Kota Depok, Enny Ekasari, Rabu (16/6).

Meski begitu, rencana penambahan tempat tidur isolasi di tiga rumah sakit baru itu sedang dalam tahap proses

“Ada tiga rumah sakit lagi yang sedang berproses untuk menyiapkan tempat tidur isolasi,” ujarnya.

Enny lebih lanjut menjelaskan, terkait kapasitas tempat tidur, untuk ICU sebanyak 109 tempat tidur, yang terisi sudah 77 tempat tidur.

Sedangkan, untuk untuk tempat tidur isolasi jumlah keseluruhan yang ada di RS rujukan pasien Covid-19 sebanyak 861 dan yang terisi sudah mencapai 588 tempat tidur.

“Data tersebut sudah mencakup keseluruhan RS rujukan Covid-19 yang jumlahnya sebanyak 24 RS, baik swasta maupun milik pemerintah,” tandasnya.

Pihaknya tak lupa mengingatkan masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan, menimbang kasus Covid-19 yang masih belum mereda.

“Kepada masyarakat agar dapat terus menjalankan 5M, yakni mencuci tangan dengan sabun, memakai masker, menjaga jarak, mengurangi mobilitas dan menghindari kerumunan,” pungkasnya. (hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan