DLHK Depok Targetkan Penanaman 3000 Pohon Setiap Tahun

DEPOK – Pemerintah Kota (Pemkot) Depok terus berupaya menanggulangi masalah bencana alam yang terjadi setiap tahunnya. Salah satu langkah yang ditempuh untuk cegah erosi dan tanah amblas yang terjadi, yakni melalui penanaman 3000 pohon.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Depok, Ety Suryahati mengatakan, pihaknya berencana akan menanam kurang lebih 3000 pohon setiap tahun untuk mengurai permasalahan tersebut.

“Kami menargetkan penanaman 3000 pohon setiap tahun agar mencegah erosi dan tanah amblas,” kata Ety kepada awak media, Senin (7/6).

Lanjut Ety, upaya penanaman 3000 pohon tersebut dapat mencegah bencana longsor dan tanah amblas, serta diyakini mampu menjaga ketahanan iklim dan produksi oksigen bagi kesehatan masyarakat.

Di samping itu, kata dia, pihak DLHK juga akan melakukan perlindungan terhadap mata air yang ada melalui pembuatan 100 ribu Lubang Resapan Biopori (LRB), serta pembangunan sumur resapan.

“Selain itu, juga dilakukan pemberlakuan sistem satu arah dengan harapan dapat mengefisiensi waktu tempuh dan penggunaan BBM,” katanya.

Tidak hanya itu, Ety juga menambahkan tahun ini pihaknya akan lakukan penataan kawasan Jalan Margonda Raya dengan tujuan memberikan rasa aman dan nyaman bagi para pengguna jalan, utamanya bagi pejalan kaki.

“Ke depannya kami juga akan membangun jalur khusus bagi pesepeda. Ini sangat penting agar masyarakat perlahan beralih dari penggunaan kendaraan pribadi ke penggunaan moda transportasi umum,” pungkasnya. (Mg12/hrs)

Tinggalkan Balasan