Gratis, Dispangtan Kota Cimahi Siapkan Petugas Pemeriksa Hewan Sakit

CIMAHI – Petugas Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Cimahi terjun langsung untuk memeriksa kondisi hewan sakit milik peternak yang ada di wilayahnya.

Selain diperiksa, hewan tersebut diberi obat yang dibutuhkan tanpa harus membayar alias gratis.

Seperti yang dilakukan petugas Dispangtan Kota Cimahi beberapa waktu lalu di Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan.

Sejumlah domba milik peternak yang ada di wilayah tersebut diperiksa petugas secara detail. Setelah diketahui penyakitnya, kemudian diberi obat agar pulih kembali.

“Iya kita memang ada program pengobatan ternak, pendampingan, penyuluhan ternak, dan pemeliharaan ternak. Kegiatan itu kita laksanakan terutama bila ada permintaan dari masyarakat,” ungkap Kepala Bidang Peternakan Dispangtan Kota Cimahi, Mita Mustikasari, Minggu (6/6).

Menurutnya, lokasi pelayanan tersebar di 15 kelurahan yang ada di Kota Cimahi. Hal itu tergantung permintaan dari pemilik yang hewannya sedang sakit. Petugas terdiri dari dokter hewan dan paramedis.

“Ada 2 orang biasa turun langsung ke lapangan untuk pengobatan,” ucapnya.

Petugas akan memeriksa terlebih dahulu hewan ternak yang sakit. “Tindakan pengobatan diambil sesuai dengan kondisi sakitnya apa. Untuk pengobatannya gratis oleh dinas,” kata Mita.

Beragam jenis hewan yang dipelihara peternak di Kota Cimahi, seperti sapi, domba, ayam, dan hewan ternak lainnya.

Sementara penyakit yang biasanya menyerang hewan-hewan ternak, untuk domba diantaranya orf atau gatal di sekitar mulut, pink eye (belek), coccidiosis atau berak darah, gastroenteritis (infeksi usus), infestasi kutu (sheep ked), dan helminthiasis (gangguan saluran cerna).

“Sementara pada sapi biasanya penyakit helminthiasis, bloat (begah), dan papillomavirus (penyakit seksual). Kalau sudah diobati biasanya akan pulih kembali dalam beberapa hari,” jelas Mita.

Penyakit yang sering menyerang ternak di Kota Cimahi adalah pink eye. Penyakit tersebut kerap muncul saat musim kemarau. Penyakit ini tak berbahaya dan tergolong penyakit ringan, sedangkan untuk pengobatan cukup diberi salep mata saja.

“Biasanya penyakit pink eye ini sering dialami kambing dan domba,” ucapnya.

Selain pink eye, penyakit lain yang sering menyerang hewan ternak adalah orf. Hewan yang terserang penyakit yang disebabkan virus orf ini harus dipisahkan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan