Wali Kota Bandung Khawatir Nilai-Nilai Pancasila Luntur di Mata Generasi Muda

BANDUNG – Wali Kota Bandung Oded M. Danial merasa khawatir dengan pemahaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda.

Menurutnya, nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari sudah mulai luntur. Hal ini terjadi karena pesatnya perkembangan teknologi informasi.

Untuk itu, nilai-nilai Pancasila perlu dipupuk kembali. Terutama di lingkungan sekolah dan keuarga. Kemudian diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

‘’Jadi untuk hari Pancasila yang ditetapkan pada 1 Juni, harus dijadikan momentum agar nilai-nilai Pancasila kembali dipahami,’’ujar Oded kepada wartawan ketika ditemui di Balai Kota Bandung, Selasa, (1/6).

Oded menilai, pemahaman Pancasila kepada generasi muda harus menjadi fokus pemerintah agar nilai-nilainya dimengerti dan dipahami.

Dia mengakui, dulu ketika masih sekolah beberapa kegiatan yang membangkitkan rasa nasionalisme, selalu dlakukan. Seperti pelakasanaan upacara bendera.

‘’Tapi sekarang malah tidak kelihatan anak-anak, semangat untuk melihat juga sudah tidak ada,”cetus Oded.

Dia menambahkan kondisi Covid-19 yang memaksa sekolah menerapkan pembelajaran secara daring menjadi tantangan dan ancaman tersendiri.

Untuk itu, salah-satu cara mengamalkan nilai-nilai Pancasila adalah memupuk rasa kepekaan dan untuk bersama-sama melawan penyebaran Covid-19.

“Jadi pesan saya kepada kaum milenial, bahwa Pancasila merupakan dasar kita bernegara, ini kita harus taat dengan Pancasila, insyaallah seharunya bangsa ini menjadi bangsa yang kokoh,” kata Mang Oded- sapaan akrabnya. (mg5/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan