oleh

Seleksi Ulang Harus Diberikan untuk Pegawai KPK yang Tak Lolos Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)

JAKARTA – Hasil seleksi terkait Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang mengganjal 75 pegawai KPK kemudian menjadi kegaduhan ditengah masyarakat, sampai muncul berbagai pandangan dari DPR dan masyarakat menginginkan agar hasil tes tersebut bukan menjadi akhir dari karier mereka.

Menyangkut status PNS di KPK dikatakan bisa menempati posisi pejabat-pejabat struktural sehingga bisa mengisi formulasi dan mengikuti tes ulang tentang syarat-syarat supaya bisa menjadi ASN.

Baca Juga:  KPK Panggil 11 Saksi Dugaan Korupsi Pengadaan Barang COVID-19 Bandung Barat

Anggota Komisi XI DPR Fraksi Golkar Agun Gunanjar Sudarsa berpendapat syarat tes ulang hanya setia pada Pancasila, UUD 1945, tunduk patuh pada kebijakan pemerintah.

Begitu pula dengan pegawai KPK yang membutuhkan keahlian tertentu seperti PPPK. Misalnya bidang penyidikan, investigasi, penyitaan dan lain-lain yang harus diklasifikasikan dulu untuk dibuat jenis-jenis PPPK di lingkungan KPK.

“Pegawai KPK yang dapat diklasifikasikan sebagai PPPK itu juga harus direview kembali untuk disesuaikan dengan persyaratan sesuai UU no. 5 tahun 2014. Mereka juga harus setia pada Pancasila dan UU 1945 atau persis sama dengan ASN lainnya,” ucap Agun kepada Wartawan, Senin (10/5).

Baca Juga:  Kang Emil Bertemu Dua Petinggi Parpol, Ada Apa Nih?

Apabila diperlukan tambahan, maka KPK bisa membuat screening-screening tertentu.

“Jadi bukan seperti seleksi sekarang yang malah membuat saya bingung. Kok jadi tes wawasan kebangsaan,” ungkap Agun.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar anda diproses.

Baca Juga