Ketua KNPI Berharap Perda Kepemudaan Rampung Tahun Ini

DEPOK – Ketua Dewan Pimpinan Daerah Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPD KNPI) Kota Depok, Bobby P Harahap berharap Peraturan Daerah (Perda) tentang Kepemudaan di Kota Depok tahun ini sudah bisa dirampungkan.

“Mudah-mudahan tahun ini Perda Kepemudaan sudah bisa dirampungkan, sehingga penanganan masalah kepemudaan di Kota Depok sudah memiliki payung hukum,” demikian kata Ketua DPD KNPI Kota Depok, Bobby P Harahap kepada Jabar Ekspres, Senin (9/5).

Diakui Bobby, sejauh ini masalah kepemudaan di Kota Belimbing itu sulit atau setidaknya tidak maksimal tertangani lantaran ketiadaan payung hukum yang mengatur ikhwal kepemudaan.

“Kalau dibilang masalah sih insya allah di Kota Depok ini pemudanya baik-baik saja. Namun, karena tidak adanya Perda yang mengatur soal kepemudaan, jadinya banyak aspirasi pemuda yang tidak terartikulasi dan tertangani secara optimal,” ujarnya.

Bobby mencontohkan, di Kota Depok banyak anak-anak muda kreatif yang susah mengembangkan potensi dan kreativitasnya menjadi nilai tambah di era industri 4.0 ini.

Padahal, menurut dia, pemuda adalah pengemban estafet kepemimpinan dan penggerak pembangunan daerah di masa datang.

“Karena itu, peran penting pemuda itu mestinya mendapatkan perhatian serius oleh pemerintah daerah dalam hal ini memberikan mereka ruang dan dorongan positif untuk masa depan pembangunan daerah yang lebih baik,” ucap Bobby.

Ia juga mengatakan, jangan salahkan masa depan mereka jika kelak hanya menjadi beban daerah. Sebab, penentuan masa depan mereka bergantung pada kepedulian pemangku kebijakan hari ini.

“Besok-besok jika mereka gagal membangun daerah jangan hakimi mereka sebagai penyumbang beban, sebab boleh jadi kegagalan itu merupakan buah dari kelalaian kita (pemerintah) hari ini,” timpalnya.

Meski begitu, ia percaya Pemkot Depok sejauh ini memiliki atensi yang cukup tinggi terutama merespons isu-isu kepemudaan yang ada.

“Kendalanya hanya ada di payung hukumnya saja. Maka itu, kita berharap semoga tahun ini Perda Kepemudaan itu sudah berhasil diketok palu. Insya Allah kita optimis semua akan berjalan lancar jika ada kemauan dan usaha sungguh-sungguh,” papar Bobby. (Mg12/hrs)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan