oleh

Bukan Saja Zakat Fitrah, Jenis-Jenis Zakat itu Banyak, Begini Penjelasannya

Tidak hanya zakat fitrah, membayar zakat ternyata diwajibkan kepada seluruh umat muslim. Beragamnya jenis-jenis zakat terkadang membuat sebagian dari kita bingung.Berikut jenis jeni zakat yang dapat penulis himpun dari berbagai sumber.

Zakat secara umum terbagi menjadi dua, zakat fitrah dan zakat mal (Harta).

Untuk  zakat Mal terdiri dari berbagai jenis di antaranya, zakat penghasilan, perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, obligasi, tabungan, emas dan perak dan lainnya.

Berdasrkan definisinya, Zakat Fitrah adalah zakat yang wajib dikeluarkan muslim menjelang Idul Fitri pada bulan suci Ramadan.

Besar zakat ini setara dengan 3,5 liter (2,7 kilogram) makanan pokok yang ada di daerah bersangkutan seperti beras, gandum dan sejenisnya

Sedangkan Zakat Maal adalah zakat harta yang wajib dikeluarkan seorang muslim seuai dengan nishab dan haulnya.

Waktu pengeluaran zakat jenis ini tidak dibatasi jadi bisa dikeluarkan sepanjang tahun ketika syarat zakat terpenuhi tidak seperti zakat fitrah yang hanya dikeluarkan ketika Ramadhan.

Zakat Mal akhirnya melahirkan banyak jenis zakat diantaranya : zakat penghasilan, perniagaan, pertanian, pertambangan, hasil laut, hasil ternak, harta temuan, obligasi, tabungan, emas dan perak dan lainnya. Masing-masing jenis zakat memiliki perhitungannya sendiri-sendiri.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga