oleh

Konsep Cafe UMKM Alumni, Pertama di Bandung

BANDUNG– Dalam usianya yang baru 1 tahun, UMKM Bumi Alumni, Perkumpulan Bumi Alumni (PBA) sudah membuka Cafe Lupba2, setelah Cafe Lupba 1 di Gedung Kadin Kota Bandung.

Komunitas UMKM Alumni, PBA yang dikomandoi Dr. Ary Zulfikar, SH, MH yang akrab disapa Kang Azoo ini bergerak cepat dari program ke program lainnya, terlebih program yang berhubungan dengan pemberdayaan UMKM.

Dalam sambutannya, Kang Azoo mengatakan bahwa inisiatif pemberdayaan pelaku UMKM diawali dengan keinginan untuk membantu alumni Unpad yang memiliki kegiatan usaha berskala mikro dan menengah untuk mempunyai kemandirian secara finansial dan mampu bersaing dengan pelaku usaha besar lainnya.

Baca Juga:  Wali Kota Bandung Tanggapi Prediksi Cuaca Ekstrem BMKG

“Hal inilah yang menginisiasi dibentuknya Komunitas UMKM Alumni Unpad, dimana posting pertama produk UMKM Alumni di platform digital dimulai sejak tanggal 20 Maret 2020 lalu. Sejak itulah, dengan di koordinir oleh Dr. Dewi Tenty SH., MKn, MH alias teh Dete mulai melakukan kurasi atas produk-produk UMKM Alumni Unpad untuk layak tampil dalam platform digital tersebut. Tanggal 20 Maret kemudian dijadikan tanggal kelahiran Komunitas UMKM Alumni Unpad,” kata kang Azoo.

Baca Juga:  Airlangga: Penyerapan Dana Pemulihan Ekonomi Capai Rp134,07 Triliun

UMKM Alumni Unpad dengan basis komunitas ini kemudian membentuk Koperasi UMKM Alumni Indonesia (Kuali) dan kemudian berkembang dengan pembentukan Perkumpulan Bumi Alumni (PBA), mengingat keanggotaan komunitas ini tidak hanya pelaku UMKM saja, tetapi juga pelaku jasa atau profesi lainnya ikut mendorong pemberdayaan UMKM Alumni disaat pandemi.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga