oleh

WNI Tahanan Abu Sayyaf Sudah Dibebaskan Semua

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) menyatakan, satu sandera Warga Negara Indonesia (WNI) berinisial MK kembali berhasil diselamatkan. Dengan demikian, sudah tak ada lagi sandera WNI oleh Kelompok Abu Sayyaf (ASG).

Melalui operasi gabungan aparat keamanan Filipina, mereka berhasil mendesak kelompok ASG dalam kontak senjata, kemudian menyelamatkan MK saat ASG mencoba melarikan diri.

“Alhamdulillah semua sandera WNI di Filipina Selatan sudah bisa dibebaskan,” kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha dalam pernyataannya, Senin (22/3/2021).

Baca Juga:  Alhamdulillah, 320 WNI Bisa Berangkat Haji Tahun Ini

Kemenlu mengatakan, saat ini Konsulat Jenderal RI Davao melalui anggota TNI Border staion Indonesia di Bangao telah menemui dan memeriksa kondisi MK.

“Yang bersangkutan dalam keadaan baik,” ujarnya.

Dapat disampaikan, MK bersama 3 WNI yang telah diselamatkan sebelumnya akan dibawa ke Zamboanga, sebelum diterbangkan ke Manila. Kemlu RI melalui KBRI Manila dan KJRI Davao City akan berkoordinasi dengan Pemerintah Filipina untuk proses repatriasi ke Indonesia.

Baca Juga:  Inggris Buat Kebijakan Bebaskan Masyarakatnya Lepas Masker, Kenapa?

“Dengan diselamatkan MK, maka seluruh WNI yang disandera ASG telah berhasil dibebaskan,” ujar pernyataan Kemenlu.

Atas tindakan itu, pemerintah Indonesia menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik dengan pemerintah dan aparat keamanan Filipina.

Baca Juga


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

Baca Juga