Permudah Wajib Pajak, KPP Tegallega Kenalkan Mang “Djoenet”

BANDUNG – Ada “petugas pajak” yang baru di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Tegallega. Petugas tersebut bernama “Mang Djoenet,” berwujud aplikasi berbasis online.

Aplikasi ini bertugas membantu wajib pajak yang membutuhkan layanan informasi maupun yang ingin berkonsultasi dengan petugas pajak, khususnya yang terkait penyampaian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT).

 

Mang Djoenet sendiri diambil dari kata “DJOENET” yang merupakan akronim dari Daftar Jaringan Online KPP Pratama Bandung Tegallega. Kata tambahan “MANG” menunjukkan sapaan dengan kearifan lokal khas Sunda. Kepala KPP Pratama Bandung Tegallega Djunet Santoso sepertinya menjadi inspirasi dari nama aplikasi tersebut.

“Mang Djoenet merupakan layanan perpajakan online satu pintu yang lengkap dan ringan. Ukuran file-nya hanya 470 kb, dan mudah disebarkan melalui aplikasi media sosial,”ujar Kepala KPP Pratama Bandung Tegallega Djunet Santoso saat meluncurkan Mang Djoenet secara virtual di kantornya, Jalan Soekarno-Hatta No 216 Bandung, Senin (8/3).

“Mang Djoenet” juga fleksibel sebagai “petugas pajak” karena bisa menyediakan banyak layanan dalam satu file portable document format (PDF).

“Secara sederhana, Mang Djoenet menyediakan kumpulan tautan dalam bentuk portable document format (PDF). Cukup dengan mengetuk pilihan fiturnya, kegiatan konsultasi dan pemenuhan kewajiban perpajakan dapat dengan lebih mudah dilaksanakan,” papar Djunet.

Ia mengatakan, kehadiran “Mang Djoenet” dilatarbelakangi kondisi pandemi Covid-19. “Pandemi ini menjadi tantangan bagi kami untuk tetap melayani semua wajib pajak dengan baik agar kewajiban perpajakan mereka untuk membayar, menyetor, dan melaporkan pajak tetap dapat terpenuhi, di tengah pembatasan sosial dan ancaman Covid-19,” ungkapnya

Acara yang dihadiri sejumlah pejabat Eselon 3 di lingkungan Kanwil DJP Jawa Barat I dan seluruh pegawai KPP Pratama Bandung Tegallega itu diresmikan Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Erna Sulistiyowati.

Ada beberapa fitur layanan perpajakan yang tersedia dalam bawaan “Mang Djoenet”. Layanan tersebut adalah tutorial pelaporan SPT Tahunan (e-filing), pembayaran pajak melalui e-billing, layanan konsultasi perpajakan yang akan mengarahkan pada aplikasi Whatsapp, pendaftaran kelas pajak online, serta fitur untuk mengunduh formulir dan aplikasi perpajakan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan