Disbudparpora Apresiasi Wisata Cibitung Indah di Sumedang, Kolaborasi Warga untuk Tingkatkan Perekonomian

SUMEDANG – Kepala Dinas Parawisata Budaya dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumedang meninjau lokasi wisata Cibitung Indah di Desa Situraja, Kecamatan Situraja, Kabupaten Sumedang pada Senin (22/2).

Lahan desa seluas 9 hektar tersebut diubah menjadi destinasi wisata Cibitung Indah.

Wisata Cibitung Indah menyuguhkan berbagai wahana wisata khususnya wahana air yaitu kolam renang.

Terkait wisata Cibitung Indah, menurut Kepala Desa (Kades) Situraja Utara, Ico Suarsa mengatakan bahwa keberadaan wisata Cibitung Indah di Desa Situraja Utara merupakan bentuk inovasi pihaknya yang didukung penuh oleh masyarakat.

Ico berharap, melalui destinasi wisata Cibitung Indah, masyarakat dapat meningkatkan perekonomian.

“Dibuatnya tempat wisata ini guna meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dan meningkatkan perekonomian warga. Serta bisa juga menyerap tenaga kerja putra daerahnya,” kata Ico saat diwawancarai di Situraja Utara pada Senin (22/2).

Ia menambahkan bahwa terkait pengelolaan, katanya akan diserahkan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

“Untuk pengelolaan kami serahkan pada BUMDes guna meningkatkan destinasi wisata ini supaya lebih maju lagi serta bisa menyerap tenaga kerja,” ujarnya.

Sementara menurut Kepala Disbudparpora Kabupaten Sumedang, Hari Tri Santosa mengatakan, pihaknya mengapresiasi apa yang dilakukan oleh Kades Situraja bersama masyarakat membangun tempat wisata ini hasil dari gotong royong.

“Ini yang diinginkan oleh Pemerintah, dan semoga saja ke depannya lebih ditingkatkan lagi potensinya,” ucap Hari saat diwawancarai di Situraja, Sumedang pada Senin (22/2).

Hari menuturkan bahwa terdapat beberapa hal yang perlu dibenahi mulai dari akses jalan. Ia menyatakan, nanti pihaknya akan mendorong bantuan dari pemerintah dan gotong royong dari swadaya masyarakat.

Ia menambahkan bahwa demi pelayanan yang semakin baik, tempat wisata ini perlu menyediakan tempat parkir yang memadai, toilet, dan Mushola. Meskipun begitu, menurutnya hingga saat ini usaha pengembangannya sudah lumayan bagus.

Dalam pemaparannya, menurut Hari, wisata Cibitung Indah akan lebih menarik apabila terdapat edukasi di dalamnya.

“Bahkan, jika ada edukasinya akan lebih bagus, buat tambahan saja, itu akan lebih banyak menyerap tenaga kerjanya. Serta tingkatkan lagi kerjasamanya dengan UMKM dengan ciri khasnya daerah sini,” imbuhnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan