oleh

Gus Falah Ungkap Kedekatan NU dengan Bung Karno

JAKARTA – Nahdlatul Ulama (NU) akan memperingati hari lahir yang ke-95 pada 31 Januari 2021. Organisasi keagamaan yang telah berdiri sejak sebelum kemerdekaan ini telah membersamai Indonesia dalam kurun waktu yang lama dan memiliki kedekatan khusus dengan Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Bung Karno.

Baitul Muslimin Indonesia (Bamusi) mencoba menyegarkan kembali ingatan masyarakat Indonesia akan kedekatan Presiden pertama Republik Indonesia (RI) Bung Karno dengan serta para tokohnya menjelang peringatan hari lahir NU yang ke-95 pada 31 Januari 2021.

Baca Juga:  Serius Turunkan Emisi, PLN Group Raih 4 Penghargaan Emisi Korporasi 2021

Sekretaris Umum Bamusi Nasyirul Falah Amru (Gus Falah) di Jakarta, Sabtu, (30/1), mengatakan Bung Karno sering meminta nasihat para ulama NU sebelum mengeluarkan keputusan penting terkait bangsa dan negara ini.

Organisasi sayap PDI Perjuangan tersebut juga menyatakan, kedekatan Bung Karno dengan para ulama NU seperti Hadratusysyaikh KH Muhammad Hasyim Asy’ari dan KH Abdul Wahab Hasbullah telah sangat lama terjalin, dilansir dari Antara.

Baca Juga:  Evakuasi KRI Nanggala-402 Masih Diupayakan

“Seperti ketika Bung Karno merumuskan Pancasila, beliau selalu meminta dawuh dari Hadratusysyaikh, dan putranya yang juga ayah dari Gus Dur, yakni K. H. Abdul Wahid Hasjim,” ujar Gus Falah.

Gus Falah yang juga Bendahara Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) ini melanjutkan kedekatan Bung Karno dengan NU juga tampak, tatkala Sang Proklamator ingin mengundang para tokoh agama untuk menggelar suatu pertemuan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga