Lawan Penyakit dengan 4 Jenis Minyak Esensial Ini

JAKARTA – Minyak esensial bisa meredakan gejala batuk atau pilek dengan menenangkan tenggorokan, melawan bakteri, dan mengurangi peradangan. Berikut ini penjelasannya, seperti dilansir laman Genpi.co, dari jpnn.

Salah satu minyak esensial yang menjadi andalan masyarakat Indonesia adalah minyak kayu putih. Banyak orang menggunakan minyak esensial kayu putih untuk mengatasi batuk dan penyakit pernapasan lainnya, seperti faringitis, bronkitis, dan sinusitis.

Kandungan senyawa eucalyptol atau cineole dalam minyak kayu putih memiliki sifat antimikroba, sehingga bisa melawan bakteri penyebab penyakit.

Kedua, Rosemary. Minyak esensial rosemary juga mengandung senyawa cineole yang bisa membantu untuk mengencerkan lendir ketika batuk dan mengurangi peradangan.

Untuk mengatasi batuk, essential oil ini bisa menenangkan otot-otot di tenggorokan, melegakan pernapasan bahkan membantu mengatasi sesak napas akibat asma.

Ketiga, Peppermint Essential oil yang mengandung mentol dan memunculkan sensasi hangat dingin untuk melegakan atau meredakan tenggorokan yang gatal selama batuk.

Keempat, kayu manis yang sering digunakan sebagai bumbu masak, ternyata juga bisa jadi minyak esensial. Selain bumbu masak, kayu manis juga bisa diekstrak menjadi essential oil. Essential oil kayu manis bisa berguna untuk melindungi tubuh dari bakteri yang bisa menyebabkan masalah pernapasan, seperti batuk. (bbs)

Tinggalkan Balasan