Emil Tuntut Keadilan Politik

Dia menambahkan kalau pemekaran daerah masih sulit, tolong ubah pola pendekatan fiskal. “Dengan tidak melihat jumlah daerah, tetapi jumlah penduduk,” tambahnya.

Menanggapi hal itu, LaNyalla menyatakan pihaknya sudah berkomunikasi dengan Ketua Dewan Pertimbangan Otonomi Daerah (DPOD) yang juga Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin, pada Desember lalu.

“Insyaallah hal ini juga akan saya sampaikan langsung kepada Presiden Jokowi dalam forum konsultasi bulan ini,” kata mantan Ketua Umum PSSI itu. Seperti diketahui, Provinsi Jabar telah menyiapkan secara matang pemekaran tiga daerah yaitu Sukabumi Utara, Bogor Barat dan Garut Selatan. Ketiga daerah baru tersebut disebut sudah siap dari sisi kemampuan fiskal sebagai daerah otonom.

Terkait isu pertanian, LaNyalla  mengungkapkan bahwa ia mendapat masukan dari senator asal Jabar terkait kondisi di sana. Terutama dalam mendukung gerakan mencetak petani milenial dan desa digital.    “Senator Jabar, khususnya Ibu Eni Sumarni dan Kang Oni Sumarwan menyampaikan beberapa isu pertanian. Seperti berkurangnya lahan pertanian seiring dengan makin banyaknya alih fungsi lahan. Terutama dengan hadirnya beberapa kawasan industri baru dan hunian masyarakat,” tuturnya. (bbs/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan