oleh

Emil Tuntut Keadilan Politik

JAKARTA – Ketua DPD LaNyalla Mahmud Mattalitti menggelar rapat kerja dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Gedung Pakuan, kediaman gubernur, Rabu (13/1).

Rapat membahas dua isu spesifik, yakni pemekaran daerah di Jabar dan pertanian terkait ketahanan pangan nasional. Hal itu mengingat Jabar adalah salah satu provinsi penopang pangan nasional. Dalam kesempatan itu, Ridwan Kamil menyampaikan aspirasi masyarakat Jabar terkait keadilan politik bagi provinsi dengan penduduk terbesar di Indonesia itu.  Penduduk Jabar tercatat mendekati 50 juta jiwa, dengan jumlah daerah hanya 27 kabupaten/kota.

“Saya sangat berterima kasih Pak Ketua DPD datang ke Jabar secara khusus untuk membicarakan soal otonomi daerah, terkait pemekaran daerah di Jabar,” kata sosok yang karib disapa Kang Emil itu dilansir dari jpnn.com.

Sebab, lanjut Kang Emil, pemekaran di Jabar bukan sekadar euforia masyarakat, tetapi bedasarkan kajian dan pertimbangan yang rasional. “Dan daerah yang kami ajukan untuk dimekarkan juga sudah sangat siap,” kata Kang Emil.

Ia mengungkap jumlah penduduk Jabar setara dengan seperlima penduduk Indonesia. Juga setara dengan penduduk Korea Selatan. Jumlah penduduk Muslimnya lebih banyak dibanding Arab Saudi. “Bayangkan, bupati Bogor harus mengurus enam juta penduduk setara dengan penduduk Sumatera Barat  yang diurus oleh seorang gubernur dan belasan bupati dan wali kota,” kata Emil.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Baca Juga