Dua Pabrik di KIIC Jadi Kluster Covid-19, Sudah 49 Karyawan Tertular

KARAWANG– Kawasan industri di Karawang berpo­tensi menciptakan kluster-kluster baru penyeberan virus covid-19 di Karawang. Saat ini sudah ada dua pabrik di KIIC ditutup oleh pemerintah daerah mela­lui Satpol PP Karawang lantaran total 49 karyawan dinyatakan positif covid-19.

Dua pabrik yang di­tutp adalah PT DNP dan PT Exedy Manufacturing. Lonjakan kasus covid di Karawang selama satu pekan terakhir banyak di­sumbangkan oleh kluster dua pabrik ini. Di PT Exedy sudah 15 karyawan yang dinyatakan postif. Sedan­gkan di PT DNP kasusnya sudah tembus di angka 34 karyawan. Potensi kluster baru penyebaran dan pe­nularan di keluarga dan pemukiman para karyawan pun sangatlah tinggi.

Juru bicara tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Karawang, dr. Fitra Hergyana, menuturkan ked­ua perusahaan tersebut saat ini wajib mematuhi anjuran dari pemerintah untuk me­nekan penyebaran virus di wilayah industri. Apalagi saat ini, berbarengan den­gan mulai normalnya aktivi­tas kerja, justru berkelindan dengan banyak munculnya klaster di industri dan per­kantoran.

“PT. DNP sudah menerap­kan protokol kesehatan. PT. Exedy belum tapi manaje­men siap. Intinya ini untuk kebaikan, kesehatan dan keselamatan karyawan lain­nya,” katanya.

Penutupan kedua pabrik tersebut juga disaksi­kan oleh Dandim 0604 Karawang, Letkol Inf. Medi Haryo Wibowo, Kapolres Karawang, AKBP. Arif Rach­man Arifin, Kepala BPBD Karawang, Yasin Nasrudin dan pejabat lainnya.

“Tapi kalau sifatnya urgen­si atau memang ada mesin yang tidak boleh dimatikan masih boleh, asal ya itu be­nar-benar mengutamakan protokol kesehatan,” tandas Fitra.

Diketahui sejak tiga hari terakhir angka kasus baru yang bertambah tiap harin­ya lebih dari 10 kasus. Kema­rin, (26/8) jumlah penam­bahan kasus baru covid-19 di Karawang mencapai 11 kasus. Sehari sebelumnya, Selasa (25/8) jumlah kasus baru juga tembus 11 orang. Lalu pada hari Senin (24/8) jumlah kasus baru tembus 13 orang. (bbs/mhs)

Jumlah buruh yang terpapar di kluster pabrik:

  • PT Exedy Manufacturing: 15 KARYAWAN
  • PT DNP: 34 KARYAWAN

  • Rabu (26/8): 11 orang
  • Senin (24/8):13 orang
  • Selasa (25/8):11 orang

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan