Maksimalkan Pelayanan Publik dan SDM Unggul

MENYAMBUT Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB), DPRD Kabupaten Bandung Barat (KBB) mendorong kepada pemerintah daerah agar bisa meningkatkan pelayanan publik yang lebih maksimal.

Bertepatan dengan peringatan Hari Jadi KBB ke-13 yang berada dalam situasi pandemi Covid-19, harus dijadikan momentum memperbaiki pelayanan kepada masyarakat.

“Walaupun kita sedang dalam situasi pandemi Covid-19, yang pasti secara umum pelayan publik harus tetap berjalan dengan baik. Pelayanan jangan beralarut-larut. Apalagi sekarang pemerintah sudah menyatakan fase adaptasi kebiasaan baru (AKB),” kata Ketua Komisi I DPRD KBB, Wendi Sukmawijaya di Padalarang, kemarin (18/6).

Dengan tema “Masyarakat Sehat menuju KBB Kuat”, Wendi juga mendorong kepala daerah beserta jajaran ASN di lingkungan Pemkab Bandung Barat cepat tanggap merespon dan melayani masyarakat.

Menurutnya, dengan ditingkatkannya kualitas layanan publik di masa pandemi, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi pemerintah daerah dan masyarakat. “Tentunya, situasi Covid-19 dan masa AKB jangan menjadi halangan di jajaran eksekutif untuk melayani masyarakat,” tegas Wendi.

Terpisah, Ketua Komisi II DPRD KBB, Sundaya meminta, pemerintah daerah untuk kembali menggenjot pertumbuhan sektor ekonomi yang berkualitas. Mulai dari sektor pariwisata dan pertanian yang diharapkan bisa menjadi sektor prioritas untuk memperkuat ekonomi KBB menyambut AKB pasca Covid-19.

“Pertama saya ucapkan dirgahayu KBB yang ke-13. Berbicara sektor ekonomi setelah pemekaran, kini Bandung Barat secara bruto sudah ada kenaikan. Namun, implementasi tujuan berdirinya KBB di antaranya untuk kesejahteraan masyarakat, itu harus direalisasikan dengan baik,” kata Sundaya.

Di tengah pandemi Covid-19, pihaknya juga mendorong pemerintah daerah agar bisa membangkitkan ekonomi khususnya dari sektor pariwisata. Terlebih menurutnya, pariwisata menjadi salah satu penyumbang Pendapatan Asli Daearh (PAD) KBB.

Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Bandung Barat berharap hari jadi KBB ke-13 yang mengusung tema ‘SDM Sehat menuju KBB Kuat, pemerintah daerah mampu mewujudkan pemerataan pembangunan.

Ketua Komisi III DPRD KBB, Iwan Ridwan mengatakan, terkait momentum usia KBB ke-13 pihaknya menekankan pentingnya pemeretaan dalam pembangunan di KBB terutama infrastruktur.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan