Juventus Keok, Napoli Juara Coppa Italia

NAPLES– Lawatan Juventus ke Stadion San Paolo, kandang Napoli, Kamis (18/6) dini hari WIB berakhir menyakitkan. Meski datang dengan kekuatan penuh, Bianconerri-julukan Juventus- tak mampu berbuat banyak melawan pertahanan kuat Napoli. Mereka pun gagal membawa pulang trofi Coppa Italia tahun ini setelah kalah lewat adu penalti 4-2.

Ya, Napoli keluar sebagai juara Coppa Italia dengan modal pertahanan yang kuat. Dries Martens dan kolega sanggup bertahan 2 x 45 menit dengan skor kacamata alias 0-0. Karena peraturan baru yang melarang adanya ekstra time, wasit akhirnya memutuskan adu penalti.

PARTY TIME: Skuad Napoli bersama Pelatih Genarro Gattuso dan Presiden Aurelio de Laurentiis mengangkat trofi pertamanya di musim ini. 

Dengan memakai formasi 4-3-3, Allenatore Napoli, Gennaro Gattuso lebih banyak bermain bertahan. Kendati demikian, serangan mereka cukup tajam dengan 15 kali tembakan atau berbeda dua kali dengan Juventus (13 kali).

Juventus yang datang bersama skuad yang mirip saat menumbangkan AC Milan di semifinal juga tak banyak bermain taktis. Situasi itu membuat skema Sarrismo yang diusung pelatih Maurizio Sarri kesulitan membuat peluang.

Daya gempur Douglas Costa, Paulo Dybala, dan Cristiano Ronaldo yang didapuk sebagai trisula lini depan tak mampu berbuat banyak.

Di awal pertandingan, Cristiano Ronaldo membuang kesempatan emas setelah masuk tanpa pengawalan ke lini pertahanan Napoli. Sayangnya, sepakan mendatarnya gagal menyarangkan gol setelah ditepis Alex Meret di menit ke-5.

Peluang emas juga gagal dimaksimalkan oleh Napoli di menit 25. Tendangan bebas yang terukur dari Lorenzo Insigne berhasil ditangkis oleh tiang gawang.

Pada menit ke-39, Alex Meret pun menjadi benteng yang sulit dilalui Cristiano Ronaldo. Kiper Napoli berhasil mengamabkan bola lebih cepat dibandingkan percobaan Ronaldo yang mencoba menyambut umpan yang meluncur ke kotak penalti.

Empat menit sebelum babak pertama berakhir, Partenopei sebenarnya memiliki peluang matang. Sayangnya, sepakan keras Diego Demme dari jarak dekat masih bisa ditepis Gianluigi Buffon. Hingga akhir babak pertama, skor masih kacamata.

Usai turun minum, eskalasi serangan dari kedua tim semakin panas. Di menit ke-60, gelandang Fabian Ruiz melepaskan tendangan dari luar kotak penalti namun arahnya belum terukur karena melebar di sisi kanan gawang.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan