Ayo Bangun Indonesia, Pesta Demokrasi Sudah Berakhir!

Tapi tahun ini institusi dan budaya demokrasi di Indo­nesia berkembang cukup baik, walau belum sempurna ka­rena hakekatnya demokrasi itu tidak pernah final. “Jadi demokrasi itu terus dinamis dan berkembang,” kata pria kelahiran Bima, Nusa Teng­gara Barat (NTB) ini.

Apa yang sudah terjadi adalah pembelajaran hidup yang berarti, rakyat yang tadinya terbelah kini bersatu sama-sama membangun negeri menjadi bangsa yang besar dan disegani. Seluruh Rakyat tetap berpartisipasi dalam pemerin­tahan, ujarnya. Bagi yang opo­sisi juga bisa mengkritisi se­cara bersama-sama jika tidak setuju dengan pemerintahan.

Rakyat Indonesia harus op­tismistis bahwa bangsa ini adalah bangsa yang besar, negara yang bersatu, berdau­lat, adil dan makmur. Untuk mencapai itu tidak bisa se­kali proses langsung jadi, tetapi harus terus dijalankan.

Sebagai Ketum Pimpinan Pusat Sarekat Islam, Zoelva membawa harapan besar masyarakat agar Presiden terpilih saat ini mampu men­ghadirkan keadilan dan ke­sejahteraan bagi seluruh ra­kyat Indonesia.

Hal yang terpenting yang harus diatasi oleh presiden terpilih adalah masalah ketimpangan ekonomi dan ketimpangan so­sial yang tengah terjadi. Saat ini ketimpangan sosial sangat tinggi, oleh karena itu pemerin­tah harus bergerak bersama-sama rakyat untuk membangun ekonomi rakyat.

Sementara itu, Calon presiden terpilih Joko Widodo mene­gaskan dirinya akan langsung bekerja usai penetapan sebagai presiden terpilih Pemilu 2019. “Ya, besok kita langsung kerja,” kata Jokowi singkat saat jumpa pers di Kantor KPU, Jakarta, kemarin.

Menurut dia, bangsa Indo­nesia perlu bekerja keras bersama-sama untuk mening­katkan daya saing dengan negara lain. Selain itu terkait komposisi koalisi pemerin­tahan, Jokowi menjelaskan akan membahasnya dengan koalisi Indonesia Kerja.

Namun dirinya menegaskan akan terbuka kepada pihak yang bertujuan memajukan Indonesia. “Seperti yang sudah sering saya sampaikan, kita akan buka siapa pun sama-sama memajukan negara ini, bersama-sama membangun negara ini,” ujar mantan gu­bernur DKI Jakarta itu.

Jokowi bersama calon wakil presiden terpilih Pemilu 2019, Ma’ruf Amin, juga mengapre­siasi seluruh pihak yang telah menyelesaikan tugas konsti­tusional dalam penyeleng­garaan Pemilu 2019.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan