Petinggi Negara Dikawal Kopassus

Terpisah, Gerakan Suluh Kebangsaan (GSK) yang dip­impin Mahfud Md meminta aparat penegak hukum TNI dan Polri menindak tegas para perusuh dan mengayo­mi para pengunjuk rasa yang punya aspirasi politik. “ka­rena bisa dibedakan antara perusuh dan pengunjuk rasa,” ujar Mahfud di Kemenko Pol­hukam, Jakarta Pusat, Selasa (28/5).

Dia mengatakan massa yang berunjuk rasa damai beda dengan massa perusuh. Mas­sa perusuh harus ditindak. “Ada yang damai seperti pen­gunjuk rasa. Mereka salat tarawih, Itu kan damai. Tapi setelah itu datang perusuh. Kita minta ditindak tegas su­paya tidak meninggalkan kerusakan yang lebih besar,” tegasnya.

Mahfud menyatakan akan mendukung pemerintah dan seluruh jajarannya untuk mengungkap dalang kerusu­han. Dia juha meminta agar penyuplai senjata dan aktor intelektualnya ditangkap.

“Kalau perlu segera ditang­kap pembawa atau penyuplai senjata-senjata ilegal, senja­ta-senjata tajam, senjata api yang tajam, peluru tajam yang sudah juga ditengarai mema­kan korban selama terjadinya kerusuhan. Kita mendukung agar Polri mengungkap itu dan segera menjelaskan ke­pada publik siapa pelaku se­benarnya,” tuturnya. (rh/fin)

Tinggalkan Balasan